Profil Dmitry Medvedev Wakil Dewan Keamanan Rusia

Jum'at, 02 Desember 2022 - 16:30 WIB
loading...
Profil Dmitry Medvedev Wakil Dewan Keamanan Rusia
Profil Dmitry Medvedev Wakil Dewan Keamanan Rusia. FOTO/Reuters
A A A
MOSKOW - Dmitry Medvedev adalah Wakil Dewan Keamanan Rusia pada tahun 2022. Ia ditunjuk langsung oleh Presiden Rusia Vladimir Putin dan hingga kini menjadi salah satu sekutu terkuat Putin.

Dikutip dari tass-com, Medvedev adalah mantan presiden dan telah memimpin pemerintahan selama hampir delapan tahun, sehingga memungkinkan untuk menerima jabatan sebagai Wakil Dewan Keamanan Rusia.

Baca: Biden Tak Punya Rencana Hubungi Putin, Tapi Siap Berdialog Guna Akhiri Perang

Medvedev, yang bernama lengkap Dmitry Anatolyevich Medvedev lahir pada 14 September 1965 di Leningrad, Rusia, Uni Soviet. Ia adalah seorang pengacara dan politisi yang hebat bahkan pernah menjadi Presiden Rusia.

Medvedev lulus dari Fakultas Hukum Universitas Negeri Leningrad pada tahun 1987 dan menyelesaikan studi pasca sarjana di Universitas Negeri Leningrad pada tahun 1990. Sehingga ia mempunyai gelar PhD di bidang hukum dan gelar associate professor.

Pada tahun 1991, Medvedev bergabung dengan hukum tim walikota St. Petersburg yang baru terpilih, yakni Anatoly Sobchak. Nama terakhir inilah yang membawa calon presiden Vladimir Putin dan medvedev ke dalam pemerintahannya. Medvedev dan Putin bekerja bersama di kantor walikota selama lima tahun ke depan.

Setelah jabatan Anatoly Sobchak berakhir, Putin terpilih menjadi seorang presiden pada tahun 2000. Pada kampanye tersebut Medvedev memimpin kampanye Putin sampai putin mengalami kemenangan dalam pilpres.

Baca: Kroni Putin Remehkan Ukraina Bisa Rebut Crimea: Tim Zelensky dalam Keadaan Mabuk

Dengan kemenangan Putin menjadi seorang presiden, medvedev kemudian diangkat menjadi kepala staf pertama pada periode pemerintahan Putin. Bahkan pada tahun yang sama, Medvedev juga diangkat menjadi kepala monopoli gas milik negara Gazprom.

Pada tahun 2003 Medvedev terpilih kembali menjadi kepala staf putin dan pada tahun kemudian, ia diangkat menjadi wakil perdana menteri pertama pada pemerintahan putin.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2445 seconds (10.101#12.26)