Lima Bom Surat Dikirim ke Sejumlah Target di Spanyol, Termasuk Perdana Menteri

Jum'at, 02 Desember 2022 - 03:09 WIB
loading...
Lima Bom Surat Dikirim ke Sejumlah Target di Spanyol, Termasuk Perdana Menteri
Spanyol meningkatkan langkah-langkah keamanan setelah lima bom surat dikirim ke sejumlah target, termasuk perdana menteri. Foto/BBC
A A A
MADRID - Ahlipenjinak bom telah menjinakkan bom surat kelima pada hari Kamis ketika Spanyol meningkatkan keamanan untuk menghadapi serentetan alat peledak yang dikirim ke sasaran profil tinggi, termasuk perdana menteri dan duta besar Ukraina di Madrid.

Wakil Menteri Dalam Negeri Spanyol kepada wartawan mengatakan indikasi awal menunjukkan bahwa kelima paket itu dikirim dari dalam Spanyol.

Rafael Perez, menteri junior yang bertanggung jawab untuk keamanan, mengatakan perangkat buatan sendiri itu dikirim dalam paket cokelat berisi bubuk yang mudah terbakar dan tripwire yang akan menghasilkan "api tiba-tiba" daripada ledakan.

Paket-paket itu ditujukan kepada kepala lembaga tempat mereka dikirim.

Perez mengatakan salah satu perangkat meledak dan melukai seorang petugas keamanan di kedutaan Ukraina di Madrid. Sedangkan tiga lainnya diledakkan oleh pasukan keamanan dalam ledakan terkendali dan satu tetap utuh untuk tujuan penyelidikan.

“Tampaknya mereka semua dikirim dari dalam negeri tetapi kami mendasarkan ini pada inspeksi visual awal tanpa memiliki laporan teknis yang mendalam,” katanya seperti dikutip dari Al Arabiya, Jumat (2/12/2022).

Paket lain diterima pada Rabu malam di markas produsen senjata Spanyol Instalaza di Zaragoza, timur laut Spanyol, kata polisi.



Untuk diketahui, Instalaza memproduksi peluncur roket C90 yang dipasok Spanyol ke Ukraina.

Pasukan keamanan Spanyol juga menemukan sebuah perangkat pada Kamis pagi dalam sebuah amplop yang dikirim ke pusat satelit Uni Eropa yang terletak di pangkalan angkatan udara di Torrejon de Ardoz, dekat Madrid, kata kementerian pertahanan.

Pusat satelit mendukung kebijakan luar negeri dan keamanan bersama UE dengan mengumpulkan informasi dari perangkat intelijen luar angkasa, menurut situs webnya, dan baru-baru ini dijelaskan oleh Kepala Kebijakan Luar Negeri UE Josep Borrell sebagai bagian dari "mata Eropa".

Pada Kamis pagi Kementerian Dalam Negeri Spanyol mengungkapkan bahwa amplop dengan bahan piroteknik yang ditujukan kepada Perdana Menteri Pedro Sanchez telah diterima pada 24 November dan dilucuti oleh tim keamanannya.

"Perangkat itu 'mirip' dengan paket yang ditemukan minggu ini," katanya.

Perangkat kelima diterima di Kementerian Pertahanan Spanyol pada Kamis pagi dan dijinakkan oleh petugas polisi spesialis, kata juru bicara kementerian pertahanan kepada Reuters.

Perez mengatakan tampaknya belum perlu untuk mengadakan komite keamanan yang akan mengevaluasi peningkatan tingkat ancaman teroris Spanyol, yang sudah berada di tingkat tertinggi kedua setelah serangan teroris di seluruh Eropa dalam dekade terakhir.

Kementerian Dalam Negeri Spanyol mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka telah memerintahkan polisi untuk memperkuat keamanan di sekitar gedung-gedung publik dan khususnya memeriksa pengiriman pos dengan hati-hati.



Sumber yang dekat dengan penyelidikan mengatakan bahwa meskipun perangkat itu buatan sendiri, itu bukan sesuatu yang bisa dibuat oleh siapa pun dan penyelidik sekarang berusaha melacak isinya ke asalnya.

"Pengadilan Tinggi Spanyol yang berspesialisasi dalam terorisme telah membuka penyelidikan," kata sumber pengadilan Spanyol.

Berita tentang bom surat pecah pada Rabu siang setelah polisi mengatakan seorang pejabat keamanan di kedutaan Ukraina di Madrid terluka ringan setelah membuka sebuah paket.

"Setelah membuka kotak itu dan mendengar bunyi klik, dia melemparkannya dan kemudian mendengar ledakan. Tangan komandan terluka dan mengalami gegar otak," kata Duta Besar Ukraina Serhii Pohoreltsev.

"Kami mendapat instruksi dari kementerian di Ukraina bahwa mengingat situasinya kami harus bersiap untuk segala jenis insiden...kegiatan Rusia di luar negeri," kata Pohoreltsev kepada stasiun televisi Spanyol TVE.

Setelah insiden itu, Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba memerintahkan semua kedutaan Kiev di luar negeri untuk "segera" memperkuat keamanan, kata seorang juru bicara kementerian Ukraina.

Akun Twitter Kedutaan Besar Rusia di Spanyol memposting pernyataan pada hari Kamis yang mengutuk segala ancaman atau tindakan teroris sehubungan dengan lima bom surat, khususnya diarahkan pada misi diplomatik.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1286 seconds (0.1#10.140)