Profil Jenderal Qamar Javed Bajwa, Panglima Militer Pakistan yang Pensiun

Selasa, 29 November 2022 - 15:33 WIB
loading...
A A A
Karier Bajwa selanjutnya terus meningkat hingga ia diangkat sebagai Kolonel Komandan Resimen Baloch dengan pangkat letnan jenderal pada 2014.

Lulusan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat Kanada (CACSC) dan Sekolah Pascasarjana Angkatan Laut di Monterey, California, Amerika Serikat ini dikenal sebagai orang yang tidak memiliki “kebencian” terhadap India.

Bahkan ia juga merupakan orang militer sejati yang tidak tertarik pada politik serta selalu berhubungan baik dengan perwira dan pasukan junior.

Sebelum diangkat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat Pakistan, Jenderal Bajwa bertugas di GHQ Angkatan Darat sebagai Inspektur Jenderal Pelatihan dan Evaluasi dari tahun 2015 hingga 2016.

Ia pernah pula menjabat Komandan Korps Lapangan Korps X pada 2013-2015 dan bertanggung jawab atas daerah di sepanjang Garis Kontrol di Kashmir.

Selama enam tahun memimpin Angkatan Darat, Bajwa membawa Pakistan untuk menjadi lebih dekat dengan Timur Tengah.

Ia juga berhasil meningkatkan stabilitas internal sekaligus memastikan perdamaian di wilayah perbatasan dengan Afghanistan.

Atas jasa dan pengabdiannya, Jenderal Bajwa menerima sejumlah penghargaan. Di antaranya, Nishan-e-Imtiaz dan Hilal-e-Imtiaz dari pemerintah, Legiun Merit Turki, dan Order of the Military Merit dari Raja Yordania Abdullah II.

(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0917 seconds (0.1#10.140)