Demo China Meluas, Massa: Gulingkan Partai Komunis, Gulingkan Xi Jinping!

Senin, 28 November 2022 - 10:09 WIB
loading...
A A A
Tulisan pada tanda itu untuk mengenang 10 orang yang tewas dalam kebakaran di sebuah gedung apartemen di Ibu Kota Xinjiang, Urumqi.

Kematian tersebut telah memicu kemarahan publik yang meluas karena banyak pengguna internet menduga bahwa penghuni gedung bertingkat tinggi tersebut tidak dapat melarikan diri tepat waktu karena sebagian gedung tersebut dikunci.

Namun, para pejabat kota telah menolak klaim tersebut.

Massa di Shanghai meneriakkan, “Cabut lockdown untuk Urumqi, cabut lockdown untuk Xinjiang, cabut lockdown untuk seluruh China!”

Pada satu titik sekelompok besar massa mulai berteriak, “Gulingkan Partai Komunis China, gulingkan Xi Jinping, bebaskan Urumqi!”

Sekelompok besar polisi mengawasi dan kadang-kadang berusaha membubarkan massa.

Seorang pengunjuk rasa yang hanya menyebutkan nama marganya, Zhao, mengatakan kepada AP bahwa salah satu temannya dipukuli oleh polisi dan dua temannya disemprot merica.

Dia mengatakan polisi menginjak kakinya ketika dia mencoba menghentikan demonstran membawa temannya pergi. Dia kehilangan sepatunya dalam proses tersebut, dan meninggalkan protes tanpa alas kaki.

Zhao mengatakan para pengunjuk rasa meneriakkan slogan-slogan, termasuk “Xi Jinping, mundur; Partai Komunis, mundur”, “Buka lokcdown Xinjiang, buka lockdown China”, “tidak ingin [tes] PCR, ingin kebebasan” dan “kebebasan pers”.

Pengunjuk rasa lain, yang juga hanya menyebutkan nama keluarganya, Xu, mengatakan kepada AP bahwa ada ribuan pengunjuk rasa yang lebih besar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1047 seconds (0.1#10.140)