Zelensky: Rusia Gunakan Musim Dingin sebagai 'Senjata Pemusnah Massal'

Rabu, 23 November 2022 - 04:27 WIB
loading...
Zelensky: Rusia Gunakan Musim Dingin sebagai Senjata Pemusnah Massal
Presiden Ukraian Volodymyr Zelensky mengatakan Rusia menggunakan musim dingin sebagai senjata pemusnah massal. Foto/Al Jazeera
A A A
PARIS - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan bahwa Rusia mencoba menggunakan musim dingin sebagai "senjata pemusnah massal" dengan menyerang infrastruktur energi.

“Kremlin ingin mengubah dinginnya musim dingin ini menjadi senjata pemusnah massal,” kata Zelensky dalam sebuah pesan video pada pertemuan Asosiasi Wali Kota Prancis.

“Untuk bertahan di musim dingin ini dan untuk mencegah Rusia mengubah hawa dingin menjadi alat teror dan ketundukan, kami membutuhkan banyak hal,” tambahnya seperti dikutip dari Al Arabiya, Rabu (22/11/2022).



Dia mendesak Asosiasi Wali Kota Prancis untuk mengirim generator, dukungan untuk operasi penjinakan ranjau, dan peralatan untuk layanan darurat dan medis Ukraina.

“Saya meminta Anda untuk sangat konkret dengan bantuan Anda dan untuk mendukung kota-kota dan masyarakat melawan terorisme,” tambahnya.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah memperingatkan pada awal pekan ini bahwa jutaan nyawa Ukraina terancam karena jaringan listrik negara itu kesulitan di bawah rentetan serangan Rusia.



Moskow sengaja menargetkan infrastruktur energi, meninggalkan jutaan rumah di seluruh Ukraina tanpa listrik saat suhu turun.

"Musim dingin ini adalah tentang kelangsungan hidup," ujar Direktur Regional WHO untuk Eropa, Hans Kluge, kepada wartawan pada hari Senin.

Ia menambahkan musim dingin ini akan mengancam nyawa jutaan orang di Ukraina.



(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1831 seconds (0.1#10.140)