Aktris Iran Ditangkap setelah Pamer Video Copot Jilbab

Senin, 21 November 2022 - 08:15 WIB
loading...
Aktris Iran Ditangkap setelah Pamer Video Copot Jilbab
Aktris terkenal Iran, Hengameh Ghaziani, ditangkap pihak berwenang sehari setelah pamer video copot jilbab. Foto/Screeshot video Hengameh Ghaziani via Al Arabiya
A A A
TEHERAN - Aktris terkenal Iran , Hengameh Ghaziani, ditangkap pihak berwenang di negaranya sehari setelah dia pamer video di Instagram tentang aksinya mencopot jilbab.

Penangkapan Ghaziani dilaporkan media pemerintah pada hari Minggu ketika negara itu masih dilanda demo rusuh.

Demo yang nyaris tanpa henti mengguncang Iran lebih dari dua bulan setelah kematian Mahsa Amini (22), wanita Kurdi Iran. Amini tewas setelah ditangkap polisi moral di Teheran atas tuduhan melanggar aturan wajib berjilbab.

Pihak berwenang di Republik Islam Iran menggambarkan protes yang terus berlanjut itu sebagai kerusuhan dan menuduh Israel dan negara-negara Barat yang mengobarkannya.

Baca juga: Demo Rusuh, Massa Bunuh Kepala Intelijen IRGC Iran

Kantor berita IRNA melaporkan penangkapan Hengameh Ghaziani tanpa menyebut aksi pencopotan jilbab sebagai alasannya.

Menurut laporan media tersebut, Ghaziani—seorang kritikus vokal terhadap tindakan keras terhadap demonstran—ditangkap karena menghasut dan mendukung kerusuhan serta karena berkomunikasi dengan media oposisi.

Bintang film berusia 52 tahun itu telah mengindikasikan bahwa dia telah dipanggil oleh pengadilan, dan kemudian menerbitkan video di Instagram tentang dirinya yang melepas jilbab.

"Mungkin ini akan menjadi posting terakhir saya," tulis bintang film tersebu Sabtu malam.

"Mulai saat ini, apa pun yang terjadi pada saya, ketahuilah bahwa seperti biasa, saya bersama rakyat Iran sampai nafas terakhir saya," lanjut dia.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1490 seconds (10.55#12.26)