Belanda Akan Larang Penggunaan Gas Tertawa

Kamis, 17 November 2022 - 03:18 WIB
loading...
Belanda Akan Larang Penggunaan Gas Tertawa
Belanda akan melarang penggunaan gas tertawa mulai tahun depan. Foto/BBC
A A A
AMSTERDAM - Pemerintah Belanda akan melarang penggunaan nitrous oxide, umumnya dikenal sebagai gas tertawa, di tengah kekhawatiran atas risiko kesehatan setelah semakin banyak anak muda yang menggunakannya.

Larangan, yang dimulai pada bulan Januari mendatang, membuat pembelian, penjualan, atau kepemilikan gas itu menjadi ilegal. Namun, pihak berwenang mengatakan gas itu masih dapat digunakan untuk tujuan pengobatan dan industri makanan.

Pemerintah Belanda juga berharap larangan itu akan mengurangi jumlah kecelakaan lalu lintas yang melibatkan narkoba.

Menurut pemantau keselamatan jalan TeamAlert, gas tertawa telah berperan dalam 1.800 kecelakaan di Belanda selama tiga tahun terakhir.

"Hampir dua hari, angka yang benar-benar mengejutkan kami," kata Maartje Oosterink dari TeamAlert kepada surat kabar AD awal bulan ini seperti dikutip dari BBC, Kamis (17/11/2022).



Gas tertawa semakin populer di kalangan clubbers dan pengunjung festival dalam beberapa tahun terakhir, dan sering digunakan dalam kombinasi dengan obat lain seperti MDMA (ekstasi) atau ketamin.

Gas tersebut sebagian besar dijual dalam tabung logam kecil, yang dikosongkan ke dalam balon sebelum dihirup.

Menurut Trimbos Institute, lebih dari 37% pengunjung pesta di Belanda menggunakan gas tertawa secara rutin di mana kebanyakan adalah kaum muda.

Tetapi ada kekhawatiran serius tentang dampak obat jenis depresan terhadap otak dan respons tubuh. Penggunaan teratur yang berat juga dapat menyebabkan kekurangan vitamin yang dapat menyebabkan kerusakan saraf permanen dan kelumpuhan yang bertahan lama.

"Penggunaan nitro oksida untuk rekreasi mengarah pada risiko kesehatan yang sangat besar," kata Menteri Negara untuk Kesehatan, Kesejahteraan, dan Olahraga Maarten van Ooijen, saat keputusan pemerintah diumumkan.

Menteri Kehakiman Dilan Yesilgoz mengatakan larangan itu akan memungkinkan polisi mengambil tindakan segera jika mereka menemukan seseorang dengan tabung gas nitro oksida di dalam kendaraan mereka.



Kekhawatiran tentang semakin populernya gas tertawa telah melampaui Belanda.

Di Inggris, itu adalah zat yang paling sering disalahgunakan (setelah kanabis) di antara anak usia 16 hingga 24 tahun.

Bulan lalu, Kantor Pusat Inggris menghadapi seruan untuk melarang semua penjualan gas tertang secara langsung ke konsumen, karena kekhawatiran akan penyalahgunaannya.

Gas ini telah tersedia secara luas dan mudah untuk penggunaan rekreasi, karena dapat dibeli dan dijual secara legal untuk tujuan membuat krim kocok.

Nitrous oxide secara teratur digunakan dalam tabung besar sebagai obat bius yang dihirup oleh pasien di rumah sakit dan operasi gigi.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1773 seconds (0.1#10.140)