Hari Ini, Populasi Dunia Capai 8 Miliar

Selasa, 15 November 2022 - 23:21 WIB
loading...
Hari Ini, Populasi Dunia Capai 8 Miliar
Proyeksi PBB menyatakan seorang bayi yang lahir di suatu tempa pada hari Selasa (15/11/2022) akan menjadi orang ke delapan miliar di dunia. Foto/Ilustrasi
A A A
NEW YORK - Seorang bayi yang lahir di suatu tempa pada hari Selasa (15/11/2022) akan menjadi orang ke delapan miliar di dunia. Hal itu berdasarkan proyeksi PBB.

"Tonggak sejarah ini adalah kesempatan untuk merayakan keragaman dan kemajuan sambil mempertimbangkan tanggung jawab bersama umat manusia untuk planet ini," kata Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres dalam sebuah pernyataan seperti dilansir dari France 24.

PBB mengaitkan pertumbuhan dengan pembangunan manusia, dengan orang-orang hidup lebih lama berkat peningkatan kesehatan masyarakat, nutrisi, kebersihan pribadi, dan obat-obatan.

Ini juga merupakan hasil dari tingkat kesuburan yang lebih tinggi, terutama di negara-negara termiskin di dunia - yang sebagian besar berada di Afrika sub-Sahara - menempatkan tujuan pembangunan mereka dalam bahaya.

Pertumbuhan penduduk juga memperbesar dampak lingkungan dari pembangunan ekonomi.

Tetapi sementara beberapa orang khawatir bahwa delapan miliar manusia terlalu banyak untuk planet Bumi, sebagian besar ahli mengatakan masalah yang lebih besar adalah konsumsi sumber daya yang berlebihan oleh orang-orang terkaya.

"Beberapa menyatakan keprihatinan bahwa dunia kita kelebihan penduduk," kata kepala Dana Kependudukan PBB Natalia Kanem.

"Saya di sini untuk mengatakan dengan jelas bahwa banyaknya nyawa manusia bukanlah alasan untuk takut," ujarnya.

Joel Cohen dari Laboratorium Populasi Universitas Rockefeller mengatakan kepada AFP pertanyaan tentang berapa banyak orang yang dapat didukung Bumi memiliki dua sisi: batas alam dan pilihan manusia.

Cohen mengatakan pilihan kita mengakibatkan manusia mengonsumsi jauh lebih banyak sumber daya hayati, seperti hutan dan tanah, daripada yang dapat diregenerasikan oleh planet ini setiap tahun.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1205 seconds (10.101#12.26)