Ahli Sebut Ada 1.000 Agen Rahasia Rusia di Inggris

Minggu, 13 November 2022 - 12:32 WIB
loading...
Ahli Sebut Ada 1.000 Agen Rahasia Rusia di Inggris
Ahli sebut ada 1.000 agen rahasia Rusia di Inggris. Foto/Ilustrasi
A A A
LONDON - Sumber intelijen di Inggris mengatakan sebuah pasukan rahasia yang terdiri dari 1.000 agen rahasia sedang memata-matai Inggris. Mereka ditanam di pemerintahan tingkat tinggi, ruang staf sekolah, universitas dan rumah sakit.

Sebuah sumber intelijen mengatakan Rusia memiliki jaringan mata-mata yang luas dan canggih yang beroperasi di semua lapisan masyarakat. Mereka dibawah koordinasi dengan SVR, MI6 versi Kremlin.

“Tidak seorang pun boleh berpikir mereka kebal. Saya berbicara tentang pelajar, serikat pekerja, kelompok protes, guru, pengemudi Uber serta politisi, pegawai negeri, dan polisi,” kata sumber itu seperti dikutip dari Mirror, Minggu (13/11/2022).



Jumlah mata-mata yang bekerja di kedutaan Rusia di London telah menurun dalam beberapa tahun terakhir – tetapi “yang tidak diketahui” telah melonjak. Pada tahun 2018 mantan agen ganda Sergei Skripal dan putrinya Yulia diracun di Salisbury, Wilts. Tiga mata-mata Rusia disalahkan.

Diperkirakan ada 73.000 ekspatriat Rusia di Inggris dan hantu Inggris percaya beberapa informasi umpan ke Kremlin.

Beberapa orang Inggris juga setia pada Moskow. Pada hari Jumat penjaga keamanan David Smith, 58, mengaku bersalah berbagi rahasia dengan Rusia saat bekerja di Kedutaan Besar Inggris di Berlin.



Agen Putin telah memata-matai stasiun tenaga nuklir dan pangkalan Angkatan Darat, RAF, dan Angkatan Laut Kerajaan, termasuk Faslane di Skotlandia, tempat kapal selam nuklir Inggris berbasis.

“Jumlah yang terlibat dengan mata-mata bisa dengan mudah mencapai lebih dari 1.000," kata mantan petugas intelijen militer Kolonel Philip Ingram.

“Mereka menggunakan semua keterampilan lama, mengkompromikan orang, menyusup ke organisasi, dan merekrut mata-mata. Ancamannya sangat luas,” pungkasnya.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1198 seconds (0.1#10.140)