Horor, Dua Pesawat Perang Dunia II Bertabrakan di Angkasa Saat Pertunjukkan Udara

Minggu, 13 November 2022 - 08:14 WIB
loading...
Horor, Dua Pesawat Perang Dunia II Bertabrakan di Angkasa Saat Pertunjukkan Udara
Dua pesawat Perang Dunia II bertabrakan di angkasa saat pertunjukkan udara. Foto/ABC News
A A A
WASHINGTON - Administrasi Penerbangan Federal (FAA) Amerika Serikat (AS) dalam sebuah pernyataan mengatakan dua pesawat era Perang Dunia II bertabrakan dan jatuh saat melakukan flyover di acara peringatan. Peringatan Angkatan Udara mengatakan enam orang berada di dalam dua pesawat pada saat kecelakaan itu.

"Sebuah Boeing B-17 Flying Fortress dan sebuah Bell P-63 Kingcobra berpartisipasi dalam pertunjukan udara Wings Over Dallas Angkatan Udara ketika mereka bertabrakan di udara dekat Bandara Eksekutif Dallas sebelum pukul 13:30 waktu setempat," kata FAA dalam pernyataannya seperti dilansir dari CBS News, Minggu (13/11/2022).

Menurut situs web acara, beberapa pesawat dijadwalkan melakukan demonstrasi flyover pada Sabtu sore waktu setempat. Unggahan media sosial menunjukkan ratusan orang berkumpul untuk menyaksikan flyover tersebut. Acara yang berlangsung selama 3 hari ini dalam rangka memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada hari Jumat.

Saksi bernama Anthony Montoya melihat kedua pesawat bertabrakan.

"Saya hanya berdiri di sana. Saya benar-benar kaget dan tidak percaya," kata Montoya (27), yang menghadiri pertunjukan udara itu bersama seorang temannya.



"Semua orang di sekitar terengah-engah. Semua orang menangis. Semua orang kaget," imbuhnya.

Walikota Dallas Eric Johnson menyebutnya sebagai "tragedi yang mengerikan".

"Video-video itu memilukan," cuitnya. "Tolong, ucapkan doa untuk jiwa yang terbang ke langit untuk menghibur dan mendidik keluarga kita hari ini," sambungnya.

Pesawat B-17, pesawat pengebom bermesin empat yang sangat besar, adalah landasan kekuatan udara AS selama Perang Dunia II. Kingcobra, pesawat tempur AS, digunakan sebagian besar oleh pasukan Soviet selama perang.

Menurut Boeing sebagian besar pesawat B-17 telah dibongkar pada akhir Perang Dunia II dan hanya sedikit yang tersisa hari ini, sebagian besar ditampilkan di museum dan pertunjukan udara.

Beberapa video yang diposting di Twitter menunjukkan pesawat tempur tampak terbang ke arah pembom, menyebabkan mereka dengan cepat jatuh ke tanah dan memicu bola api dan asap besar.



"Benar-benar mengerikan untuk dilihat," Aubrey Anne Young (37) dari Leander, Texas, yang melihat kecelakaan itu. Anak-anaknya berada di dalam hanggar bersama ayah mereka ketika itu terjadi.

"Aku masih mencoba memahaminya," sambungnya.

Seorang wanita di sebelah Young terdengar menangis dan berteriak histeris di video yang diunggah Young ke halaman Facebook-nya.

FAA dan Dewan Keselamatan Transportasi Nasional (NTSB) AS akan memimpin penyelidikan atas kecelakaan ini.

Keselamatan pertunjukan udara - terutama dengan pesawat militer yang lebih tua - telah menjadi perhatian selama bertahun-tahun. Pada tahun 2011, 11 orang tewas di Reno, Nevada, ketika sebuah pesawat tempur jenis P-51 Mustang menabrak penonton. Pada 2019, sebuah pesawat pembom jatuh di Hartford, Connecticut, menewaskan tujuh orang.

NTSB kemudian mengatakan bahwa mereka telah menyelidiki 21 kecelakaan sejak 1982 yang melibatkan pembom era Perang Dunia II, yang mengakibatkan 23 kematian.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1902 seconds (0.1#10.140)