4 Kapal Perang Inggris Ikut Operasi Keamanan Piala Dunia 2022

Sabtu, 12 November 2022 - 18:40 WIB
loading...
4 Kapal Perang Inggris Ikut Operasi Keamanan Piala Dunia 2022
4 Kapal Perang Inggris Ikut Operasi Keamanan Piala Dunia 2022. FOTO/Royal Navy
A A A
LONDON - Angkatan Laut Kerajaan Inggris mengerahkan 4 kapal ke Teluk sebagai bagian dari langkah-langkah keamanan di sekitar Piala Dunia FIFA di Qatar. Tuan rumah dilaporkan mencari koalisi internasional untuk memastikan keamanan untuk kompetisi.

Tiga kapal pemburu ranjau Inggris dan sebuah kapal pendukung tambahan yang berbasis di Bahrain, dilaporkan akan ambil bagian dalam patroli reguler sepanjang turnamen.



“Tiga pemburu ranjau, ditambah kapal induk mereka, telah ditugaskan untuk tetap berada di dalam dan sekitar Qatar dan (Teluk) Tengah sampai Natal sebagai bagian dari upaya keamanan internasional yang dipimpin Qatar, memastikan festival sepakbola terbesar di dunia tidak dirusak oleh tindakan bermusuhan,” kata seorang juru bicara Angkatan Laut Kerajaan Inggris kepada surat kabar Metro, seperti dikutip dari Arab News.

“HMS Chiddingfold dan HMS Bangor akan melakukan patroli sepanjang waktu di jalur laut yang mengarah ke negara Teluk, menggunakan sonar canggih dan perangkat bawah air yang dikendalikan dari jarak jauh untuk menemukan dan mengidentifikasi ranjau atau bom,” lanjutnya.

Ditambahkan pula, HMS Middleton akan tetap siaga untuk memberikan dukungan tambahan jika diperlukan.

“Pasukan pemburu ranjau kami telah berada di sini selama 16 tahun menjaga rute laut tetap terbuka. Aliran perdagangan dan energi yang berkelanjutan selama masa-masa penuh gejolak ini bahkan lebih penting bagi kepentingan Inggris,” kata Komandan kelompok itu, Adrian Visram.



“Merupakan hak istimewa yang luar biasa untuk memerintahkan dukungan Angkatan Laut Kerajaan untuk Piala Dunia FIFA, membangun hubungan pertahanan yang kuat antara Qatar dan Inggris,” lanjutnya.

“Ini menunjukkan komitmen kami untuk bekerja dengan sekutu dan mitra internasional untuk melindungi dari ancaman di luar negeri dan mempromosikan nilai-nilai kami,” tambah Visram.

Qatar akan mengerahkan puluhan ribu personel keamanan untuk Piala Dunia, termasuk polisi dan spesialis dari 13 negara lain, untuk menjaga ketertiban dan mencegah aktivitas teroris. Polisi anti huru hara dan ahli penjinak bom Prancis, Turki dan Pakistan akan berada di antara mereka yang ditempatkan di stadion dan zona kipas di seluruh Qatar.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1519 seconds (0.1#10.140)