Erdogan Ucapkan Selamat pada Netanyahu, Ingin Turki-Israel Tetap Mesra

Jum'at, 11 November 2022 - 09:32 WIB
loading...
A A A
Erdogan pada pekan lalu mengatakan: "Kami berharap untuk mempertahankan hubungan dengan Israel secara berkelanjutan berdasarkan rasa saling menghormati kepekaan dan kepentingan bersama, tidak peduli bagaimana hasil pemilunya. Selama nilai-nilai dihormati, saya percaya diplomasi 'win-win' akan menguntungkan tidak hanya Turki dan Israel tetapi juga seluruh kawasan.”

Netanyahu juga berbicara dengan Presiden Uni Emirat Arab Mohammed bin Zayed, yang mengundangnya untuk mengunjungi Abu Dhabi.

Pemimpin Partai Likud itu berjanji kepada Mohammed bin Zayed bahwa hubungan antara negara mereka akan terus berkembang.

"Kami mencapai kesepakatan damai bersejarah bersama dan kami memiliki lebih banyak hal untuk dicapai demi kebaikan negara kami dan seluruh dunia," kata Netanyahu.

"Saya akan dengan senang hati mengunjungi Anda segera dan memajukan hubungan di antara kita, teman baik."

Netanyahu berusaha mengunjungi Abu Dhabi beberapa kali antara penandatanganan Perjanjian Abraham, normalisasi hubungan dengan UEA dan Bahrain, pada September 2020, dan ketika dia meninggalkan kantor pada Juni 2021. Namun, upayanya digagalkan berulang kali karena berbagai alasan, termasuk alasan politik atau diplomatik dan beberapa lainnya terkait pandemi COVID-19.

Sementara itu, Kanselir Jerman Olaf Scholz juga menelepon Netanyahu.

Netanyahu mengatakan kepada Scholz bahwa dia berencana untuk berdamai dengan lebih banyak negara Arab dan bahwa Jerman dapat memainkan peran penting dalam proses itu.

Dia juga menekankan bahwa nuklir Iran merupakan bahaya akut bagi Israel dan perdamaian dunia.

Tak hanya itu, Netanyahu juga berbicara dengan Perdana Menteri baru Italia Giorgia Meloni, yang menelepon untuk memberi selamat kepadanya. Mereka membahas kemungkinan pertemuan antara kabinet mereka dan dukungan Italia untuk Israel di forum internasional.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1225 seconds (0.1#10.140)