Gempa Kuat Guncang Nepal, 6 Orang Tewas

Rabu, 09 November 2022 - 13:37 WIB
loading...
Gempa Kuat Guncang Nepal, 6 Orang Tewas
Gempa Kuat Guncang Nepal, 6 Orang Tewas. FOTO/Reuters
A A A
KATHMANDU - Gempa berkekuatan 6,6 melanda Nepal , Rabu (9/11/2022) pagi. Gempa menewaskan sedikitnya enam orang dan menghancurkan beberapa rumah di distrik barat Doti, dekat dengan kota-kota padat penduduk, kata para pejabat.

“Lima orang lainnya terluka parah ketika delapan rumah runtuh,” kata Bhola Bhatta, wakil inspektur polisi di Doti. Ia membenarkan angka sebelumnya yang dibagikan oleh pejabat kementerian dalam negeri Tulsi Rijal.

Baca: Mayat Pendaki AS yang Hilang di Gunung Nepal Ditemukan

Nepal masih membangun kembali setelah dua gempa bumi besar pada tahun 2015 menewaskan hampir 9.000 orang, menghancurkan seluruh kota dan kuil-kuil berusia berabad-abad dan menyebabkan pukulan USD6 miliar terhadap ekonomi.

Narayan Silwal, juru bicara tentara Nepal, mengatakan tim penyelamat darat telah dikerahkan ke lokasi dan dua helikopter disiagakan di dekat kota Surkhet dan Nepalgunj.

Pusat seismologi Nepal mengatur gempa pada magnitudo 6,6. Pusat Seismologi Eropa-Mediterania (EMSC) memperkirakan gempa berkekuatan 5,6 SR.

Baca: Pesawat dengan 22 Penumpang Hilang di Nepal

Gempa itu berpusat sekitar 158 km (100 mil) timur laut Pilibhit, sebuah kota terpadat di negara bagian Uttar Pradesh, India, dan terjadi pada kedalaman 10 km, tambah EMSC. Laporan media setelah gempa menunjukkan getaran juga dirasakan di ibu kota India, New Delhi, dan daerah sekitarnya.
(esn)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3413 seconds (11.210#12.26)