Naik Podium Tanpa Jilbab, Skater Wanita Ini Bikin Rezim Iran Murka

Selasa, 08 November 2022 - 22:00 WIB
loading...
Naik Podium Tanpa Jilbab, Skater Wanita Ini Bikin Rezim Iran Murka
Naik podium, skater wanita ini membuat rezim Iran murka. Foto/Daily Mail
A A A
TEHERAN - Pihak berwenang Iran mengecam seorang skater profesional yang bertanding di luar negeri tanpa mengenakan jilbab di tengah aksi protes yang dipicu kematian Mahsa Amini.

Niloufar Mardani, yang telah menjadi anggota tim speed skating nasional Iran selama bertahun-tahun, pada hari Minggu diketahui berhasil naik podium pertama di Turki tanpa mengenakan jilbab sebagaimana kewajiban bagi atlet wanita yang mewakili Negeri Mullah itu bahkan ketika bertanding di luar negeri.

Foto yang beredar di media sosial Mardani berada di podium di Istanbul juga menunjukkan dia mengenakan kemeja hitam dengan tulisan "Iran".

Dalam sebuah pernyataan singkat, kementerian olahraga Iran menekankan menjaga nilai-nilai Islam dalam kompetisi olahraga dan mengatakan Mardani tidak berkompetisi dalam pakaian yang disetujui oleh kementerian.

Baca: Iran Panggil Dubes Norwegia atas Komentar Intervensi Dukung Aksi Protes

"Atlet ini belum menjadi anggota tim nasional Iran sejak bulan lalu dan menghadiri kompetisi ini sebagai bagian dari perjalanan pribadi tanpa mendapatkan izin yang diperlukan," bunyi pernyataan itu, sebelum menambahkan bahwa tim Iran tidak berpartisipasi dalam turnamen tersebut seperti dikutip dari Al Jazeera, Selasa (8/11/2022).

Dikutip dari Daily Mail, Mardani menempati urutan pertama dalam maraton skating putri di Istanbul, Turki, dengan catatan waktu 1 jam 25 menit dan 20 detik atau hampir 13 menit di depan tempat kedua.

Tidak jelas mengapa dia meninggalkan tim skating nasional Iran bulan lalu.

Di akun media sosialnya, Mardani sering muncul tanpa penutup kepala - terkadang mengganti kerudung dengan topi atau helm, tetapi seringkali dengan rambut terbuka.

Permasalahan penggunaan jilbab oleh atlet Iran di luar negeri sontak menjadi perhatian seiring aksi protes yang dipicu oleh kematian Mahsa Amini.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1532 seconds (10.177#12.26)