Konfirmasi Terlibat Pembicaraan dengan Rusia, AS Peringatkan Risiko Penggunaan Nuklir

Selasa, 08 November 2022 - 17:26 WIB
loading...
Konfirmasi Terlibat Pembicaraan dengan Rusia, AS Peringatkan Risiko Penggunaan Nuklir
Penasihat Keamanan Nasional Amerika Serikat (AS), Jake Sullivan. Foto/Sputnik
A A A
WASHINGTON - Penasihat Keamanan Nasional Amerika Serikat (AS), Jake Sullivan, mengkonfirmasi bahwa saluran komunikasi antara Washington dan Moskow tetap terbuka.

Dalam sebuah acara, Sullivan mengatakan pejabat AS baru-baru ini memiliki kesempatan untuk melakukan kontak dengan pemerintah Rusia di tingkat senior untuk mengurangi risiko dan menyampaikan konsekuensi dari potensi penggunaan senjata nuklir di Ukraina.

Pernyataan itu dilontarkan ketika Gedung Putih menolak untuk menyangkal laporan bahwa Sullivan telah memimpin pembicaraan dengan Rusia untuk mencegah eskalasi nuklir di Ukraina.



Media Amerika melaporkan bahwa Sullivan telah melakukan pembicaraan rahasia dalam beberapa bulan terakhir dengan ajudan Kremlin Yury Ushakov dan Sekretaris Dewan Keamanan Rusia Nikolai Patrushev. Kremlin dan Gedung Putih menolak untuk mengkonfirmasi bahwa pembicaraan semacam itu terjadi.

“Kami di pemerintahan Biden memiliki kesempatan untuk terlibat di tingkat senior dengan Rusia untuk berkomunikasi, untuk mengurangi risiko, untuk menyampaikan konsekuensi dari potensi penggunaan senjata nuklir,” kata Sullivan ketika ditanya tentang pembicaraannya yang dilaporkan dengan pejabat Rusia.

"Kami belum menjelaskan saluran yang telah kami lakukan untuk melindungi saluran tersebut," imbuhnya seperti dikutip dari Sputnik, Selasa (8/11/2022).



Rusia sebelumnya memperingatkan beberapa negara bahwa Ukraina berencana untuk membuat "bom kotor" dan melakukan provokasi nuklir, dalam upaya untuk meningkatkan krisis dan menyalahkan Moskow.

Ini muncul di tengah kekhawatiran tentang penggunaan nuklir, setelah Washington menerbitkan tinjauan postur nuklirnya: terlepas dari janji sebelumnya oleh Presiden Joe Biden, dokumen itu masih mengatakan bahwa AS mencadangkan opsi untuk menggunakan senjata nuklir sebagai tanggapan atas serangan non-nuklir.

Pada saat yang sama, Kementerian Luar Negeri Rusia mengeluarkan pernyataan yang mengatakan bahwa kebijakan Moskow dalam pencegahan nuklir tetap teguh, karena Rusia dipandu oleh dalil tidak dapat diterimanya perang nuklir di mana tidak ada pemenang.



(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1096 seconds (0.1#10.140)