Pejabat Tinggi Gedung Putih Gelar Pembicaraan Rahasia dengan Rusia

Senin, 07 November 2022 - 18:45 WIB
loading...
Pejabat Tinggi Gedung Putih Gelar Pembicaraan Rahasia dengan Rusia
Penasihat Keamanan Nasional Amerika Serikat (AS) Jake Sullivan. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Penasihat Keamanan Nasional Amerika Serikat (AS) Jake Sullivan terlibat dalam kontak di belakang layar dengan pejabat senior Rusia dalam upaya mengurangi kemungkinan konflik yang lebih luas di Ukraina.

Wall Street Journal (WSJ) melaporkan hal itu pada Minggu (6/11/2022), mengutip beberapa sumbernya.

Menurut pejabat AS dan sekutu yang diwawancarai oleh surat kabar itu, Sullivan telah berhubungan dengan Yuri Ushakov, ajudan kebijakan luar negeri Presiden Rusia Vladimir Putin, dan dengan Nikolay Patrushev, yang mengepalai Dewan Keamanan Rusia.

“Tujuan pembicaraan itu adalah untuk menjaga dari risiko eskalasi dan menjaga saluran komunikasi tetap terbuka daripada membahas penyelesaian damai untuk konflik Ukraina,” ungkap para pejabat kepada Wall Street Journal.



Sumber WSJ menolak memberikan rincian tentang kapan negosiasi berlangsung atau apakah negosiasi itu produktif.

Para pejabat AS mengatakan Sullivan bersikeras menjaga jalur komunikasi dengan Rusia tetap terbuka, berbeda dengan pejabat senior Gedung Putih lainnya, yang merasa keterlibatan dengan Moskow tidak akan membuahkan hasil pada tahap ini.

Sumber WSJ menunjukkan Sullivan tidak hanya mengambil peran utama dalam mengkoordinasikan kebijakan Washington atas konflik Ukraina, tetapi juga terlibat dalam upaya diplomatik, mengunjungi Kiev pekan lalu untuk bertemu Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.



“Selama pembicaraan, penasihat keamanan nasional AS mendesak kepemimpinan Ukraina untuk secara terbuka memberi sinyal bahwa mereka siap untuk menyelesaikan konflik,” ungkap seorang pejabat AS kepada outlet tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0925 seconds (0.1#10.140)