Sekjen PBB: Dunia Berada di Jalan Raya Menuju Neraka!

Selasa, 08 November 2022 - 06:22 WIB
loading...
Sekjen PBB: Dunia Berada di Jalan Raya Menuju Neraka!
Sekretaris Jenderal (Sekjen) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres. Foto/REUTERS
A A A
KAIRO - Dunia harus memilih apakah akan mengurangi emisi atau mengutuk generasi mendatang menjadi bencana iklim.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres memperingatkan hal itu saat berbicara pada KTT COP27 di Mesir pada Senin (7/11/2022).

“Umat manusia memiliki pilihan: bekerja sama atau binasa,” ujar Guterres kepada delegasi yang berkumpul untuk membahas bagaimana memerangi perubahan di tengah konflik militer yang sedang berlangsung antara Rusia dan Ukraina serta meningkatnya inflasi global dan kekurangan energi.

Guterres bersikeras wilayah terkaya dan termiskin di dunia harus membentuk pakta untuk mempercepat transisi dari bahan bakar fosil.



Dia menyebut China dan Amerika Serikat (AS) sebagai dua negara yang memiliki “tanggung jawab khusus untuk bergabung dalam upaya mewujudkan pakta ini.”

Baik itu pakta solidaritas iklim atau pakta bunuh diri kolektif.

“Emisi gas rumah kaca terus meningkat. Suhu global terus meningkat. Dan planet kita dengan cepat mendekati titik kritis yang akan membuat kekacauan iklim tidak dapat diubah," ujar Guterres.

Dia menyatakan, "Kita berada di jalan raya menuju neraka iklim dengan kaki kita menginjak pedal gas."

Peringatan Sekjen PBB itu didukung mantan Wakil Presiden AS Al Gore, yang juga menekankan perlunya mengakhiri ketergantungan pada bahan bakar fosil.

"Kita harus melihat apa yang disebut 'percepatan untuk gas' sebagaimana adanya: Suatu jalan cepat menuruni jembatan entah ke mana, meninggalkan negara-negara di dunia menghadapi kekacauan iklim dan miliaran aset yang terdampar, terutama di sini di Afrika," papar dia.

Guterres juga menunjukkan dunia harus mencapai emisi nol bersih pada tahun 2050 jika penandatangan perjanjian Iklim Paris 2015 ingin mencapai tujuan jangka panjang mereka untuk menjaga suhu global agar tidak naik lebih dari 1,5 derajat di atas tingkat pra-industri.

Pekan lalu, aktivis iklim remaja terkenal Greta Thunberg menyarankan memerangi perubahan iklim dengan menghilangkan kapitalisme, yang katanya didefinisikan oleh “kolonialisme, imperialisme, penindasan dan genosida oleh apa yang disebut global Utara.”

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1197 seconds (0.1#10.140)