Filipina Cabut Larangan Pengiriman Tenaga Kerja ke Arab Saudi

Selasa, 08 November 2022 - 00:30 WIB
loading...
Filipina Cabut Larangan Pengiriman Tenaga Kerja ke Arab Saudi
Filipina Cabut Larangan Pengiriman Tenaga Kerja ke Arab Saudi. FOTO/Reuters
A A A
MANILA - Filipina mencabut larangan penempatan pekerja, termasuk pembantu rumah tangga dan pekerja konstruksi, ke Arab Saudi pada Senin (7/11/2022). Keputusan ini diambil setelah langkah-langkah diambil untuk mengurangi pelanggaran yang sering terjadi, kata para pejabat.

Pejabat buruh berhenti mengirim pekerja ke kerajaan kaya minyak itu setahun yang lalu karena adanya sejumlah pelanggaran, termasuk perusahaan yang tidak membayar upah kepada ribuan pekerja konstruksi Filipina, dan ancaman virus corona.

Baca Juga: Arab Saudi Pancung Wanita Filipina atas Kasus Pembunuhan
Susan Ople, yang mengepalai Departemen Pekerja Migran yang baru dibentuk di negara itu, mengatakan negosiasi berbulan-bulan dengan pejabat Arab Saudi telah menghasilkan kesepakatan tentang perlindungan tambahan, termasuk penerapan kontrak kerja standar yang memberikan perlindungan asuransi bagi pekerja untuk tidak dibayarnya pekerjaan dan memungkinkan pekerja untuk berganti majikan jika terjadi pelecehan.

"Di bawah kontrak kerja baru yang memastikan perlindungan pekerja yang lebih besar, pekerja kami sekarang dapat menemukan pekerjaan yang menguntungkan di salah satu pasar tenaga kerja terbesar di dunia," kata Ople dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari AP.

Lebih dari 189.000 pekerja Filipina dikerahkan ke Arab Saudi pada 2019, sebelum pandemi virus corona melanda. Tujuan utama pekerja Filipina lainnya termasuk Amerika Serikat, Singapura, Jepang, Uni Emirat Arab, dan Inggris.

Pengaturan yang lebih transparan dan adil untuk menyelesaikan perselisihan antara pekerja dan majikan akan diadopsi di Arab Saudi dan pengaduan perdagangan manusia akan ditangani langsung oleh pejabat Saudi yang fokus pada masalah untuk tanggapan yang lebih baik, kata pejabat Filipina.

Baca Juga: Pekerja Filipina di Saudi: Bawa Kami Pulang
Ople juga mengatakan, para pejabat Arab Saudi akan mengunjungi Filipina bulan ini untuk meninjau bersama gaji pekerja Filipina dan melanjutkan diskusi tentang keluhan atas gaji ribuan pekerja konstruksi Filipina yang belum dibayar sejak 2016.

Sekitar sepersepuluh dari 109 juta orang Filipina bekerja dan tinggal di luar negeri dan sejumlah besar uang yang mereka kirim ke rumah telah membantu menjaga ekonomi yang digerakkan oleh konsumsi negara itu bertahan selama beberapa dekade.

Tahun lalu, rekor pengiriman uang ke tanah air senilai USD31 miliar, mendorong pemulihan ekonomi Filipina, yang merosot dalam resesi terburuk pasca-Perang Dunia II pada 2020 karena penguncian virus corona yang berkepanjangan.

Kelemahan dari diaspora yang sebagian besar didorong oleh kemiskinan adalah terus berlanjutnya laporan pelecehan dan eksploitasi, terutama pembantu rumah tangga, yang terkadang menyebabkan cedera serius atau kematian dan memicu kegemparan di Filipina.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1437 seconds (0.1#10.140)