Korut Tembakkan Rudal Antarbenua, Jepang Perintahkan Warganya Berlindung

Kamis, 03 November 2022 - 09:53 WIB
loading...
A A A
Menteri Pertahanan Jepang Yasukazu Hamada mengatakan rudal-rudal itu diluncurkan sekitar pukul 07.40 pada lintasan potensial di atas Jepang tetapi telah menghilang dari radar di atas Laut Jepang.

“Kami mendeteksi peluncuran yang menunjukkan potensi untuk terbang di atas Jepang dan oleh karena itu memicu 'J Alert', tetapi setelah memeriksa penerbangan kami mengonfirmasi bahwa itu tidak melewati Jepang,” kata Hamada kepada wartawan.

Menurutnya, rudal-rudal itu terbang ke ketinggian sekitar 2.000 km (1.200 mil) dan jangkauan 750 km (460 mil).

Pola penerbangan seperti itu disebut "lintasan loteng", di mana rudal ditembakkan tinggi ke luar angkasa untuk menghindari terbang di atas negara tetangga.

Sekitar setengah jam setelah peluncuran rudal pertama kali dilaporkan, Coast Guard Jepang mengatakan rudal itu jatuh.

Kantor berita Yonhap melaporkan rudal pertama melewati tahap pemisahan, menunjukkan itu mungkin senjata jarak jauh seperti ICBM.

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan mengatakan rudal jarak jauh itu diluncurkan dari dekat Ibu Kota Korea Utara, Pyongyang.

Sekitar satu jam setelah peluncuran pertama, militer Korea Selatan dan Coast Guard Jepang melaporkan peluncuran rudal kedua dan ketiga dari Korea Utara.

Korea Selatan mengatakan keduanya adalah rudal jarak pendek yang ditembakkan dari Kaechon, utara Pyongyang.

Korea Utara telah melakukan sejumlah rekor peluncuran rudal sepanjang tahun ini dan yang terbaru terjadi di tengah latihan militer skala besar yang sedang berlangsung antara Amerika Serikat dan Korea Selatan, yang diklaim Pyongyang sebagai "provokasi".
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1934 seconds (0.1#10.140)