Rusia Kembali Izinkan Ekspor Biji-bijian Ukraina dari Laut Hitam

Rabu, 02 November 2022 - 21:40 WIB
loading...
A A A
“Ini adalah perubahan haluan yang tidak terduga,” Andrey Sizov, kepala konsultan pertanian Sovecon yang berfokus pada Rusia, mengatakan tentang keputusan Rusia.

“Tetap saja, kesepakatan itu tetap goyah, karena sekarang kembali dalam mode menebak apakah akan ada perpanjangan atau tidak. Dengan dua minggu sebelum perpanjangan, diskusi seputar topik ini tampaknya akan berlanjut,” tambah Sizov.



Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy mengatakan sebelumnya bahwa dunia harus menanggapi dengan tegas setiap upaya Rusia untuk mengganggu koridor ekspor Ukraina melintasi Laut Hitam, yang diblokir setelah Moskow menginvasi Ukraina pada 24 Februari.

Blokade Rusia telah memperburuk kekurangan pangan dan krisis biaya hidup di banyak negara karena Ukraina adalah salah satu pemasok biji-bijian dan minyak sayur terbesar di dunia.

Dalam pidato video Selasa malam, Zelenskiy mengatakan kapal masih bergerak keluar dari pelabuhan Ukraina dengan kargo berkat kerja Turki dan PBB. “Tetapi pertahanan yang andal dan jangka panjang diperlukan untuk koridor biji-bijian,” kata Zelenskiy.
(esn)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1890 seconds (0.1#10.140)