Rusia Kembali Izinkan Ekspor Biji-bijian Ukraina dari Laut Hitam

Rabu, 02 November 2022 - 21:40 WIB
loading...
Rusia Kembali Izinkan Ekspor Biji-bijian Ukraina dari Laut Hitam
Rusia Kembali Izinkan Ekspor Biji-bijian Ukraina dari Laut Hitam. FOTO/Reuters
A A A
MOSKOW - Rusia mengatakan pada Rabu (2/11/2022), bahwa pihaknya akan melanjutkan partisipasinya dalam kesepakatan untuk membebaskan ekspor biji-bijian penting dari Ukraina . Sebelumnya, Rusia telah menangguhkan kesepakatan itu selama akhir pekan.

Kementerian pertahanan Rusia mengaku telah menerima jaminan tertulis dari Kiev untuk tidak menggunakan koridor biji-bijian Laut Hitam untuk operasi militer melawan Rusia.



"Federasi Rusia menganggap bahwa jaminan yang diterima saat ini tampaknya cukup, dan melanjutkan implementasi perjanjian," kata pernyataan Kementerian Pertahanan Rusia, seperti dikutip dari Reuters.

Rusia menangguhkan keterlibatannya dalam kesepakatan pada hari Sabtu, dengan mengatakan tidak dapat menjamin keselamatan kapal sipil yang melintasi Laut Hitam karena serangan terhadap armadanya di sana, yang sebagian dikatakan berasal dari dalam koridor ekspor biji-bijian. Ukraina telah mengatakan bahwa itu adalah dalih yang salah.

Sebelumnya, Presiden Turki Tayyip Erdogan mengatakan, bahwa Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu telah mengatakan kepada mitranya dari Turki bahwa kesepakatan biji-bijian 22 Juli, yang ditengahi oleh Turki dan PBB, akan terus beroperasi pada tengah hari pada hari Rabu.

“Pengangkutan biji-bijian akan berlanjut seperti yang disepakati sebelumnya pada pukul 12 siang hari ini,” kata Erdogan.



Harga gandum, kedelai, jagung, dan lobak turun tajam di pasar global menyusul pengumuman tersebut, yang meredakan kekhawatiran tentang semakin tidak terjangkaunya makanan.

Kapal-kapal terus membawa gandum Ukraina di rute itu meskipun ada penangguhan, tetapi itu tidak mungkin berlanjut lama karena perusahaan asuransi tidak mengeluarkan kontrak baru karena langkah Rusia, sumber-sumber industri mengatakan kepada Reuters.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2043 seconds (0.1#10.140)