Ditembak Ukraina, Rudal Rusia Jatuh di Moldova

Selasa, 01 November 2022 - 12:12 WIB
loading...
Ditembak Ukraina, Rudal Rusia Jatuh di Moldova
Sebuah rudal Rusia yang ditembak sistem pertahanan udara Ukraina jatuh di wilayah Moldova. Foto/REUTERS
A A A
CHISINAU - Sebuah rudal Rusia yang ditembak oleh sistem pertahanan udara Ukraina jatuh di sebuah desa di Moldova utara, Senin. Pemerintah setempat mengatakan insiden ini tidak menyebakan korban jiwa dan cedera.

Kementerian Dalam Negeri Moldova mengatakan rudal itu jatuh di desa Naslavcea, wilayah yang dekat dengan perbatasan Ukraina.

"Sejauh ini tidak ada korban yang dilaporkan, tetapi jendela beberapa rumah di Naslavcea hancur," kata kementerian tersebut seperti dikutip AFP, Selasa (1/11/2022).



Pemerintah dan militer Ukraina mengatakan pada Senin bahwa gelombang serangan Rusia telah menghantam pasokan listrik dan air di Kiev. Menurut mereka, lebih dari 50 rudal jelajah diluncurkan ke sasaran di seluruh negeri.

Jatuhnya puing-puing rudal Rusia di Moldova adalah limpahan terbaru dari konflik di Ukraina ke negara itu, yang seperti tetangganya adalah bekas bagian dari Uni Soviet dengan pemerintah yang pro-Barat.

Moldova mengatakan pada 10 Oktober bahwa rudal jelajah Rusia yang menargetkan Ukraina telah melintasi wilayah udaranya. Pihak Chisinau kemudian memanggil utusan Moskow untuk menuntut penjelasan.

Ratusan ribu pengungsi Ukraina membanjiri Moldova sejak Rusia menginvasi negara itu pada Februari.

Moldova bersama dengan Ukraina telah diberikan status kandidat anggota oleh Uni Eropa. Moldova selama ini menunjukkan dukungan untuk Kiev dalam menghadapi invasi Moskow.

Moldova memiliki wilayah kecil yang memisahkan diri, Transnistria, yang dipersenjatai dan didukung oleh Rusia.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1134 seconds (0.1#10.140)