Kuleba pada Menlu Iran: Setop Kirim Senjata ke Rusia

Minggu, 30 Oktober 2022 - 21:30 WIB
loading...
Kuleba pada Menlu Iran: Setop Kirim Senjata ke Rusia
Kuleba pada Menlu Iran: Setop Kirim Senjata ke Rusia. FOTO/Reuters
A A A
KIEV - Menteri Luar Negeri Ukraina , Dmytro Kuleba mengatakan, dia menuntut Teheran berhenti menyediakan senjata kepada Rusia . Hal itu diungkapkan Kuleba dalam panggilan telepon dengan Menteri Luar Negeri Iran, Hossein Amirabdollahian.

Pejabat Ukraina dan sekutu Barat mereka menuduh Iran menyediakan apa yang disebut drone “kamikaze” ke Rusia, yang baru-baru ini digunakan untuk menghancurkan pasukan Moskow dalam serangan yang ditujukan pada infrastruktur Ukraina.



Iran dengan keras membantah telah mengirim persenjataan apa pun, termasuk drone, ke Rusia. “Hari ini, saya menerima telepon dari Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir Abdollahian,” tulis Kuleba dalam sebuah tweet pada Jumat (28/10/2022) malam.

“Saya menuntut Iran untuk segera menghentikan aliran senjata ke Rusia yang digunakan untuk membunuh warga sipil dan menghancurkan infrastruktur penting di Ukraina,” tulisnya, seperti dikutip dari Anadolu Agency.

Rusia telah melepaskan gelombang serangan rudal dan pesawat tak berawak dalam beberapa pekan terakhir, menghantam infrastruktur energi Ukraina dan memaksa pemadaman listrik di Kiev serta kota-kota di seluruh negeri.

Kiev mengatakan, Rusia telah menggunakan drone serang Shahed-136 buatan Iran, yang meluncur menuju target mereka dan meledak saat terjadi benturan.



Amirabdollahian mengatakan pada awal pekan ini, bahwa dia siap untuk berbicara dengan Ukraina atas klaim bahwa Teheran telah menjual pesawat tak berawak ke Rusia untuk digunakan di Ukraina, IRNA Negara Iran (The Islamic Republic News Agency) melaporkan.

Amirabdollahian menolak tuduhan menyediakan drone ke Rusia untuk digunakan di Ukraina, IRNA melaporkan. “Di masa lalu kami telah mengambil senjata dari Rusia dan memberikannya senjata juga, tetapi tidak selama perang Ukraina,” kata menteri luar negeri itu mengutip IRNA.

Menteri juga mengatakan dia telah memberi tahu kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell bahwa Iran bersedia berpartisipasi dalam penyelidikan drone yang digunakan di Ukraina.

“Saya mengatakan kepada Josep Borrell bahwa saya siap bahwa tim ahli militer dari Iran dan Ukraina menilai klaim penggunaan drone buatan Iran dalam perang Ukraina,” kata Abdollahian seperti dikutip IRNA.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2309 seconds (0.1#10.140)