Kapal Tanker Gas Meledak di Baghdad, 9 Tewas dan 13 Terluka

Minggu, 30 Oktober 2022 - 17:15 WIB
loading...
Kapal Tanker Gas Meledak di Baghdad, 9 Tewas dan 13 Terluka
Kapal Tanker Gas Meledak di Baghdad, 9 Tewas dan 13 Terluka. FOTO/Reuters
A A A
BAGHDAD - Sebuah kapal tanker gas meledak di Baghdad, Irak , pada Sabtu (29/10/2022) malam, menewaskan sedikitnya 9 orang dan melukai 13 lainnya. Pasukan keamanan menyatakan penyebab insiden ini adalah kecelakaan.

“Sembilan warga sipil tewas dan 13 luka-luka” ketika kapal tanker itu meledak,” kata komandan pasukan keamanan di Baghdad, Ahmad Salim, dalam sebuah pernyataan. "Ledakan itu kecelakaan dan bukan aksi terorisme," tambahnya, seperti dikutip dari AFP.

Baca: Presiden Baru Irak Serukan Pembentukan Pemerintahan yang Kuat

Sebuah sumber medis mengatakan kepada AFP 12 orang tewas. Sumber medis lain sebelumnya mengatakan kepada AFP ada "delapan tewas dan 20 terluka."

Ledakan itu, terdengar di sebagian besar ibu kota Irak, terjadi di tempat parkir dekat lapangan sepak bola di daerah perumahan di Baghdad timur. Seorang koresponden AFP melaporkan, jendela gedung-gedung di dekatnya pecah dan kendaraan di daerah itu rusak.

"Kami berada di rumah dan merasakan ledakan yang sangat kuat dan bau gas," kata warga Mohammed Aziz, yang tinggal hanya 100 meter dari lokasi ledakan, kepada AFP. "Rasanya seperti kami tercekik. Pintu dan jendela kami meledak," lanjutnya.

Baca: Akhiri Kebuntuan Politik, Irak Tunjuk Presiden dan PM Baru

Presiden Irak yang baru-baru ini terpilih, Abdul Latif Rashid, berjanji akan ada penyelidikan untuk mengidentifikasi mereka yang bertanggung jawab atas kecelakaan itu.

Standar keselamatan di sektor transportasi dan konstruksi sering dilanggar di Irak, dan kecelakaan adalah hal biasa. Pada April 2021, lebih dari 80 orang tewas dalam kebakaran rumah sakit di Baghdad, setelah botol oksigen yang disimpan dengan buruk meledak.
(esn)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3012 seconds (10.177#12.26)