Negara yang Terapkan Wajib Militer

Jum'at, 28 Oktober 2022 - 19:47 WIB
loading...
Negara yang Terapkan Wajib Militer
Sejumlah negara di dunia menerapkan wajib militer. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Wajib militer merupakan program yang diterapkan oleh sejumlah negara untuk mendukung kesiapan militer negara. Biasanya wajib militer ini menjadi sebuah kewajiban yang harus diikuti warga negara, terutama pria, dengan rentang usia 18-27 tahun.

Mereka akan mengikuti serangkaian pendidikan militer selama beberapa waktu. Hal ini dilakukan pula untuk meningkatkan ketangguhan, kedisiplinan, dan kemandirian warga negara dalam mengabdi pada negaranya. Berikut ini beberapa negara yang mewajibkan warganya untuk wajib militer.

1.Rusia

Di Rusia, wajib militer dilakukan selama 12 bulan untuk pria berusia 18-27 tahun. Waktu masuk ke pangkalan militernya sendiri dimulai pada musim gugur tanggal 1 Oktober, sementara panggilan musim semi dimulai pada 1 April hingga 15 Juli. Adapun guru dan pria yang memiliki banyak anak tidak dikenai wajib militer. Pada Selasa 8 Maret 2022, Vladimir Putin mengatakan bahwa tentara wajib militer dan cadangan tidak ambil bagian dalam operasi invasi Rusia di Ukraina.

Baca: Sambangi Kamp Pelatihan Wajib Militer, Putin Unjuk Kebolehan Jadi Sniper

2.Singapura

Singapura mewajibkan para pria di negaranya untuk melaksanakan wajib militer. Biasanya wajib militer di Singapura dimulai dari umur 18 tahun. Lama masa pelatihan adalah 22 hingga 24 bulan. Setelah dinyatakan lulus, mereka menjadi penggerak Angkatan Bersenjata Singapura. Kebanyakan dari mereka yang menyelesaikan pelatihan militer dipindahkan ke Angkatan Darat.

3. Korea Selatan

Korea Selatan juga mewajibkan warganya untuk mengikuti wajib militer. Bukan hanya rakyat biasa, para artis, penyanyi, dan aktor terkenal pun terkena kewajiban menjalani pelatihan militer ini. Wajib militer di Korea Selatan biasanya diselesaikan antara usia 18 dan 30 tahun. Tidak mengherankan, banyak siswa sekolah menengah yang mendaftar di dinas militer setelah mereka lulus dari sekolah menengah. Jika mereka tidak mendaftar pada usia 30 tahun, mereka akan dipenjara. Kecuali, mereka mendapat kebebasan untuk tidak wajib militer. Pelatihan wajib militer dilakukan selama 21 bulan untuk Angkatan Darat, 24 bulan untuk Angkatan Udara, dan 23 bulan untuk Angkatan Laut.

Baca: Fakta Menarik Wajib Militer di Korea Selatan yang Jarang Diketahui
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2159 seconds (10.55#12.26)