Takut dengan Nuklir Kim Jong-un, Profesor di Korsel Bangun Bunker

Kamis, 27 Oktober 2022 - 21:08 WIB
loading...
A A A
Untuk penghuni apartemen perkotaan bertingkat tinggi, Lee merekomendasikan tempat parkir basement retro-fitting untuk berfungsi ganda sebagai bunker, dan mengatakan pemerintah harus membuat terowongan kereta bawah tanah yang tahan nuklir.

Meskipun banyak orang di Korsel menjadi mati rasa terhadap ancaman terus-menerus dari Pyongyang, ada tanda-tanda bahwa lebih banyak warga seperti Lee yang mengambil tindakan sendiri.

Salah satu perusahaan lokal, Chumdan Bunker System, mulai menjual bunker tahan nuklir di showroom Seoul pada 2017 atau tahun yang sama di mana Kim Jong-un melakukan uji coba nuklir terakhirnya.



Dalam promosinya, situs web Chumdan mengklaim bunker bawah tanahnya mampu menahan ledakan nuklir, radiasi, bahan kimia.

Tetapi perusahaan mengatakan kepada AFP bahwa sementara mereka melihat minat yang meningkat pada produk mereka, ini belum diterjemahkan ke dalam pertumbuhan penjualan.

"Ada peningkatan lalu lintas online ke situs web kami, tetapi jumlah pesanan sebenarnya tetap sama," kata seorang karyawan Chamdan kepada AFP.

Lee mengatakan orang-orang yang membangun bunker tahan nuklir lebih suka merahasiakannya, karena khawatir akan dibanjiri permintaan dari teman, keluarga, dan tetangga untuk berlindung selama keadaan darurat.

"Bahkan ketika saya membangun bunker ini, semua orang ini mengatakan kepada saya bahwa mereka akan datang jika negara diserang. Tapi tempat ini hanya bisa menampung 12 orang," katanya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1876 seconds (0.1#10.140)