Blinken: China Ingin 'Percepat' Invasi Taiwan

Kamis, 27 Oktober 2022 - 15:13 WIB
loading...
A A A
Ditanya tentang permainan kekuatan Xi di Beijing, Blinken mengatakan AS fokus pada bagaimana membentuk tatanan dunia di sekitar China dengan memperkuat kemitraan dengan sekutu daripada mencoba mempengaruhi dinamika internal China.

“Kami tidak akan melakukan apa pun untuk membentuk lingkungan internal – ini adalah keputusan yang akan dibuat oleh China dan yang tidak dapat kami buat,” ujar Blinken.

“Tetapi kita dapat membentuk lingkungan eksternal di mana China secara aktif membuat keputusan tentang kebijakannya di dunia,” ucapnya.

Pernyataan terbaru dari diplomat tinggi AS yang menegur China atas Taiwan memperluas argumen Blinken dari minggu lalu bahwa China dapat merebut Taiwan pada “garis waktu yang jauh lebih cepat” daripada yang diperkirakan sebelumnya.

Pernyataan itu menimbulkan kegemparan mengingat perhatian yang diberikan pada komentar dari pejabat senior AS tentang kemungkinan kemungkinan invasi China ke Taiwan.

Kritik terbaru Blinken, bagian dari perang kata-kata yang lebih luas antara Washington dan Beijing, juga datang tak lama setelah China menyelesaikan kongres Partai Komunis dua kali dalam satu dekade, yang melihat pemimpin China Xi Jinping mengkonsolidasikan kekuasaannya.



Namun baik China maupun Taiwan meremehkan kemungkinan invasi dalam waktu dekat. Pada hari Rabu, Wellington Koo, sekretaris jenderal Dewan Keamanan Nasional Taiwan, mengatakan tidak ada tanda-tanda Beijing akan memulai perang pada tahun 2023.

"Fokus China untuk saat ini adalah pada masalah domestik, seperti penurunan ekonominya," katanya dalam sebuah wawancara TV.

Sedangkan Duta Besar China untuk AS, Qin Gang, dalam pertemuan dengan wartawan pada bulan Agustus, mengatakan spekulasi Beijing telah menaikkan batas waktu untuk serangan itu “tidak berdasar.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1300 seconds (0.1#10.140)