Polandia Didorong Bangun Benteng di Perbatasannya dengan Rusia

Rabu, 26 Oktober 2022 - 12:49 WIB
loading...
Polandia Didorong Bangun Benteng di Perbatasannya dengan Rusia
Tentara Polandia membangun pagar di perbatasan antara Polandia dan Belarusia di dekat desa Nomiki, Polandia 26 Agustus 2021. Foto/REUTERS/Kacper Pempel
A A A
WARSAWA - Polandia harus mempertimbangkan membangun “benteng” di perbatasannya dengan Rusia Kaliningrad untuk mencegah potensi aliran migran Afrika dan Asia ke Polandia.

Seruan itu diungkapkan Krzysztof Sobolewski, sekretaris jenderal Partai Hukum dan Keadilan yang berkuasa, pada Selasa (25/10/2022).

Dalam wawancara dengan radio Polskie, dia menyatakan keprihatinan atas kemungkinan terulangnya krisis migran 2021 di perbatasan Belarusia-Polandia.

Baca juga: Inilah Total Uang Per Bulan yang Diminta Ukraina dari Negara-negara Lain

Dia mengutip "perang hibrida" yang diduga dilepaskan Belarusia dan Rusia sebagai alasan kekhawatirannya, serta pembukaan langit Kaliningrad untuk penerbangan "dari Turki, Suriah, dan Belarusia."

“Kita harus memperkuat pasukan kami di bagian perbatasan ini dan juga mempertimbangkan membangun benteng perbatasan yang serupa dengan yang sekarang kami miliki di bagian Polandia-Belarusia,” papar pejabat itu.

Sobolewski memandang krisis tahun lalu di perbatasan Belarusia, serta potensi krisis di masa depan di perbatasan dengan Kaliningrad, sebagai bagian dari "perang hibrida" yang melibatkan migran, yang diduga diluncurkan Rusia dan Belarus.

“Polandia harus melakukan apa saja untuk mencegah Moskow dan Minsk berhasil,” ujar dia.

Baca juga: Demokrat Tarik Surat yang Desak Biden Kejar Perdamaian Ukraina-Rusia

Dalam komentar selanjutnya untuk Reuters, Sobolowski meramalkan para migran mungkin mulai mencoba menyeberang dari Kaliningrad ke Polandia dalam waktu dekat.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2934 seconds (11.252#12.26)