Polandia Didorong Bangun Benteng di Perbatasannya dengan Rusia

Rabu, 26 Oktober 2022 - 12:49 WIB
loading...
A A A
“Setelah apa yang harus kita tangani, dan masih kita tangani di perbatasan Polandia-Belarusia, dan mempertimbangkan pembukaan langit di atas wilayah Kaliningrad untuk pesawat dari Turki, Suriah, dan Belarusia, bisa jadi dalam beberapa pekan mendatang,” ungkap Sobolewski.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov, mengomentari gagasan membangun tembok di sisi perbatasan Polandia.

“Rusia tidak dapat dan tidak akan mengganggu keputusan seperti itu,” ujar dia.

“Sejarah setiap saat membuktikan kekonyolan keputusan membangun tembok, karena selama bertahun-tahun atau puluhan tahun, semua tembok runtuh,” papar dia.

Krisis migran di perbatasan antara Belarusia dan Polandia dimulai pada Juni tahun lalu, ketika Presiden Belarusia Alexander Lukashenko mengatakan pemerintahnya tidak akan lagi membantu UE menghentikan imigrasi ilegal karena negaranya tidak memiliki anggaran untuk melakukannya karena sanksi blok itu sendiri.

Otoritas Brussel dan Polandia menuduh Belarusia “mempersenjatai” para migran dengan menerbangkan mereka ke negaranya dan mengangkut mereka ke perbatasan.

Tindakan Belarusia itu diduga sebagai bagian dari “perang hibrida” melawan Barat. Minsk telah membantah tuduhan itu.

Krisis tersebut mendorong parlemen Finlandia menyetujui langkah-langkah keamanan baru di sepanjang perbatasan negara itu dengan Rusia.

Awal bulan ini, Perdana Menteri Finlandia Sanna Marin mengatakan dia yakin ada "dukungan luas" di antara anggota parlemen untuk pembangunan pagar perbatasan.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1772 seconds (0.1#10.140)