Apa Itu Bom Kotor dan Mengapa Rusia Tuduh Ukraina Akan Menggunakannya?

Rabu, 26 Oktober 2022 - 00:10 WIB
loading...
Apa Itu Bom Kotor dan Mengapa Rusia Tuduh Ukraina Akan Menggunakannya?
Rusia klaim Ukraina bersiap menggunakan bom kotor dalam perang yang kemudian dituduhkan pada pasukan Moskow. Foto/REUTERS/Ilustrasi
A A A
MOSKOW - Rusia menuduh Ukraina berencana menggunakan apa yang disebut "bom kotor", tuduhan yang dibantah oleh Kiev dan sekutu Barat-nya sebagai operasi bendera palsu yang dapat digunakan Moskow sebagai dalih untuk meningkatkan perangnya.

Bom kotor adalah senjata yang menggabungkan bahan peledak konvensional seperti dinamit dan bahan radioaktif seperti uranium.

Hal ini sering disebut sebagai senjata teroris, bukan negara, karena dirancang untuk menyebarkan ketakutan dan kepanikan daripada menghilangkan target militer.

Pejabat Ukraina telah berulang kali membantah tuduhan Moskow. Kementerian Luar Negeri di Kiev bahkan mengundang inspektur PBB untuk berkunjung guna menunjukkan bahwa mereka tidak menyembunyikan apa pun.

Apa yang Dituduhkan Rusia?

Tanpa memberikan bukti apa pun, Moskow mengeklaim ada lembaga ilmiah di Ukraina yang menampung teknologi yang dibutuhkan untuk membuat bom kotor—dan menuduh Kiev berencana menggunakannya.



Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan dalam sebuah briefing pada 24 Oktober bahwa pihaknya memiliki informasi yang menunjukkan Kiev sedang merencanakan provokasi terkait dengan ledakan bom kotor.

“Tujuan dari provokasi ini adalah untuk menuduh Rusia menggunakan senjata pemusnah massal di teater operasi Ukraina dan dengan demikian meluncurkan kampanye anti-Rusia yang kuat di dunia yang bertujuan untuk merusak kepercayaan di Moskow,” kata Igor Kirillov, kepala Pasukan Pasukan Perlindungan Radiasi Kimia dan Biologis Rusia.

Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu membuat klaim serupa dalam panggilan dengan Menteri Pertahanan Amerika Serikat Lloyd Austin pada 23 Oktober, menurut seorang pejabat AS yang mengetahui percakapan tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1008 seconds (0.1#10.140)