Daftar Perdana Menteri Inggris dengan Jabatan Tersingkat

Jum'at, 21 Oktober 2022 - 22:01 WIB
loading...
A A A
Liz Truss mengumumkan pengunduran dirinya pada Kamis dengan masa jabatan selama 44 hari. Truss merupakan Perdana Menteri ketiga tahun ini, juga dengan cepat kehilangan dukungan dengan sesama konservatif dan masyarakat luas menyusul bencana “anggaran mini” pada 23 September.

Dia memecat Menteri Keuangan Kwasi Kwarteng dan digantikan Jeremy Hunt. Truss akan tetap menjabat sampai pemimpin Partai Konservatif baru terpilih melalui kontes kepemimpinan, diperkirakan kontes itu akan berakhir pada tanggal 28 Oktober.

2. George Canning (119 Hari)

Sebelumnya, George Canning memegang gelar Perdana Menteri dengan masa jabatan terpendek. Ia merupakan anggota partai Tory yang memulai karir politiknya sebagai Menteri Luar Negeri di bawah Duku of Portland.

Daftar Perdana Menteri Inggris dengan Jabatan Tersingkat


Tetapi, Canning mengundurkan diri setelah beradu dengan menteri perang pada saat itu.

Lalu Canning menggantikan posisi Lord Liverpool sebagai Perdana Menteri pada April 1827, dan ternyata tahun itu juga menjadi tahun kematiannya.

Setelah 5 bulan menjabat sebagai Perdana Menteri, Canning meninggal pada bulan Agustus. Ia meninggal mendadak karena kesehatannya yang kurang baik, banyak laporan yang berpendapat bahwa tuberculosis yang menjadi penyebabnya, tetapi situs web pemerintah Inggris berpendapat bahwa penyebabnya adalah pneumonia.

3. William Petty (226 Hari)

William Petty, 2nd Earl of Shelburne merupakan seorang politisi Irlandia yang menjadi anggota parlemen untuk Wycombe pada tahun 1760 dengan Partai Whig.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1538 seconds (0.1#10.140)