Rusia Tak Akan Tutup Perbatasan di Tengah Darurat Militer

Kamis, 20 Oktober 2022 - 09:24 WIB
loading...
Rusia Tak Akan Tutup Perbatasan di Tengah Darurat Militer
Warga mengungsi dari wilayah Kherson. Foto/tass
A A A
MOSKOW - Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov menegaskan tidak ada rencana saat ini untuk membatasi pergerakan orang melintasi perbatasan Rusia.

Dia mengeluarkan klarifikasi tak lama setelah Presiden Rusia Vladimir Putin memberlakukan darurat militer di empat bekas wilayah Ukraina yang baru saja bergabung dengan Rusia.

Ketika ditanya outlet berita RIA Novosti pada Rabu (19/10/2022) apakah pemerintah akan menutup perbatasan, Peskov mengatakan, “Tidak, (kami) tidak berencana untuk itu.”



Sebelumnya pada hari itu, pada pertemuan Dewan Keamanan Rusia, Putin mengumumkan keputusan memberlakukan darurat militer di Republik Rakyat Donetsk dan Luhansk, serta Wilayah Kherson dan Zaporozhye mulai tengah malam pada Kamis (20/10/2022).

Pada akhir September, pemerintah pro-Rusia di empat wilayah mengadakan referendum untuk bergabung dengan Rusia.

Mayoritas warga di setiap wilayah memberikan suara mendukung langkah tersebut.



Menurut Putin, keputusannya tidak akan banyak berubah untuk wilayah-wilayah ini, karena darurat militer sudah berlaku ketika mereka bergabung dengan Rusia.

Dokumen yang ditandatangani pada Rabu hanya memberikan dasar hukum untuk darurat militer, yang sekarang berada di bawah kedaulatan Rusia, menurut presiden.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1164 seconds (0.1#10.140)