Pilih Kutuk Rusia di Voting PBB, Menlu Madagaskar Dipecat

Rabu, 19 Oktober 2022 - 22:43 WIB
loading...
Pilih Kutuk Rusia di Voting PBB, Menlu Madagaskar Dipecat
Diduga karena pilih kutuk Rusia dalam voting PBB, Menlu Madagaskar dipecat. Foto/Ilustrasi
A A A
ANTANANARIVO - Presiden Madagaskar Andry Rajoelina memecat menteri luar negerinya Richard Randriamandranto. Itu dilakukan di tengah laporan bahwa pemecatan itu dipicu oleh pemungutan suara di PBB di mana Madagaskan memilih untuk mengutuk pencaplokan Rusia atas wilayah Ukraina.

Sebuah dekrit yang ditandatangani oleh Rajoelina dikeluarkan pada hari Selasa waktu setempat yang mengumumkan pemecatan Randriamandranto dan untuk sementara digantikan oleh Menteri Pertahanan. Namun dekrit itu tidak memberikan penjelasan untuk keputusan itu.

Langkah itu dilakukan setelah saluran televisi pemerintah, TVM, pada akhir pekan lalu melaporkan bahwa Randriamandranto telah bergabung dengan 142 negara lain dalam pemungutan suara di Majelis Umum PBB pada 12 Oktober lalu yang mengutuk "aneksasi ilegal" Rusia atas empat wilayah Ukraina.

Randriamandranto mengambil langkah itu tanpa berkonsultasi dengan atasannya.



Madagaskar sampai saat itu mengambil posisi non-blok dalam perang Ukraina, menolak tekanan dari Amerika Serikat dan Eropa untuk mengkritik Rusia karena menyerang tetangganya.

"Randriamandranto telah mengambil keputusan pada pemungutan suara tanpa berkonsultasi dengan Rajoelina atau Perdana Menteri Christian Ntsay," kata TVM seperti dikutip dari Bangkok Post, Rabu (19/10/2022).

Kontroversi meningkat pada hari Senin, dengan beberapa media menuduh Randriamandranto membangkang.

Randriamandranto menolak menjawab pertanyaan pers tentang masalah ini di Majelis Nasional pada hari Selasa, memperingatkan terhadap "pembuatan kerusakan".

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2041 seconds (0.1#10.140)