Iran Dikabarkan Setuju Kirim Lebih Banyak Rudal dan Drone ke Rusia

Rabu, 19 Oktober 2022 - 07:12 WIB
loading...
Iran Dikabarkan Setuju Kirim Lebih Banyak Rudal dan Drone ke Rusia
Iran Dikabarkan Setuju Kirim Lebih Banyak Rudal dan Drone ke Rusia. FOTO/Reuters
A A A
TEHERAN - Iran telah berjanji untuk menyediakan rudal permukaan ke permukaan untuk Rusia , dan juga lebih banyak drone. Hal itu diungkapkan dua pejabat senior Iran dan dua diplomat Iran kepada Reuters, Selasa (18/10/2022).

Sebuah kesepakatan disepakati pada 6 Oktober, ketika Wakil Presiden Pertama Iran Mohammad Mokhber, dua pejabat senior dari Pengawal Revolusi Iran, dan seorang pejabat dari Dewan Keamanan Nasional Tertinggi mengunjungi Moskow untuk berbicara dengan Rusia tentang pengiriman senjata.



“Rusia telah meminta lebih banyak drone dan rudal balistik Iran dengan akurasi yang lebih baik, terutama keluarga rudal Fateh dan Zolfaghar,” kata salah satu diplomat Iran, yang diberi pengarahan tentang perjalanan tersebut.

Seorang pejabat Barat yang diberi pengarahan tentang masalah itu membenarkannya, dengan mengatakan ada kesepakatan antara Iran dan Rusia untuk menyediakan rudal balistik jarak pendek permukaan-ke-permukaan, termasuk Zolfaghar.

Diplomat Iran menolak pernyataan pejabat Barat bahwa transfer semacam itu melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB 2015.

“Di mana mereka digunakan bukan masalah penjual. Kami tidak memihak dalam krisis Ukraina seperti Barat. Kami ingin mengakhiri krisis melalui cara diplomatik,” kata diplomat itu.



Ukraina telah melaporkan serentetan serangan Rusia menggunakan drone Shahed-136 buatan Iran dalam beberapa pekan terakhir. Iran telah membantah memasok drone ke Rusia, sementara Kremlin pada hari Selasa membantah pasukannya telah menggunakan drone Iran untuk menyerang Ukraina.

Munculnya rudal Iran di samping drone di gudang senjata Moskow dalam perang dengan Ukraina akan meningkatkan ketegangan antara Iran dan Amerika Serikat (AS) dan kekuatan Barat lainnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0960 seconds (0.1#10.140)