Korsel Gelar Latihan Perang untuk Tingkatkan Kemampuan Hadapi Ancaman Nuklir

Selasa, 18 Oktober 2022 - 03:30 WIB
loading...
Korsel Gelar Latihan Perang untuk Tingkatkan Kemampuan Hadapi Ancaman Nuklir
Korsel Gelar Latihan Perang untuk Tingkatkan Kemampuan Hadapi Ancaman Nuklir. FOTO/Reuters
A A A
SEOUL - Pasukan Korea Selatan (Korsel) memulai latihan pertahanan Hoguk pada Senin (17/10/2022). Latihan ini dirancang untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam menanggapi ancaman nuklir dan rudal Korea Utara (Korut).

Seperti dilaporkan Reuters, latihan itu berlangsung di tengah ketegangan yang memanas atas kegiatan militer kedua belah pihak. Latihan tersebut, yang akan berakhir pada Sabtu (22/10/2022), adalah yang terbaru dari serangkaian latihan militer Korsel dalam beberapa pekan terakhir, termasuk kegiatan bersama dengan Amerika Serikat (AS) dan Jepang.



“Bergabung dengan beberapa pasukan AS, pasukan Korsel akan fokus pada menjaga kesiapan dan meningkatkan kemampuan pasukan untuk melaksanakan operasi gabungan selama latihan Hoguk,” kata Kepala Staf Gabungan Selatan.

"Pasukan akan melakukan manuver siang dan malam dunia nyata yang disimulasikan untuk melawan nuklir, rudal, dan berbagai ancaman Korut lainnya, sehingga mereka dapat menguasai kemampuan kinerja misi masa perang dan masa damai dan meningkatkan interoperabilitas dengan beberapa pasukan AS," lanjut pernyataan itu.

Pelatihan lapangan terbaru itu digelar ketika Korut telah melakukan uji coba senjata dengan kecepatan yang belum pernah terjadi sebelumnya tahun ini. Korut menembakkan rudal balistik jarak pendek dan ratusan peluru artileri di dekat perbatasan antar-Korea yang bersenjata lengkap pada hari Jumat.



Pyongyang dengan marah bereaksi terhadap Korsel dan kegiatan militer bersama, menyebut mereka provokasi dan mengancam tindakan balasan. Seoul juga mengatakan, latihannya teratur dan berorientasi pada pertahanan.

Pekan lalu, ketegangan berkobar setelah Korut menembakkan rudal, menembakkan lebih dari 500 peluru artileri dan menerbangkan banyak pesawat tempur di dekat perbatasan laut yang rawan pertempuran.

Seoul mengutuk Pyongyang dan memberlakukan sanksi sepihak pertamanya dalam hampir lima tahun, menggambarkan langkah itu sebagai pelanggaran pakta militer bilateral 2018 yang melarang "tindakan bermusuhan" di daerah perbatasan.

Namun, Korut menuduh militer Korsel meningkatkan ketegangan dengan tembakan artileri mereka sendiri.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2148 seconds (0.1#10.140)