AS Kecewa Berat atas Komentar Presiden Palestina Abbas pada Putin

Senin, 17 Oktober 2022 - 17:58 WIB
loading...
AS Kecewa Berat atas Komentar Presiden Palestina Abbas pada Putin
Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Palestina Mahmoud Abbas bertemu di sela-sela KTT ke-6 Konferensi tentang Langkah-langkah Interaksi dan Membangun Kepercayaan di Asia (CICA), di Astana, Kazakhstan 13 Oktober 2022. Foto/Sputnik/Vyacheslav Prokofye
A A A
WASHINGTON - Gedung Putih “sangat kecewa” pada Presiden Palestina Mahmoud Abbas karena telah menyuarakan ketidakpercayaan tentang upaya diplomatik Washington untuk menyelesaikan konflik Palestina dan Israel.

Abbas justru memuji sikap Rusia tentang masalah ini. Kekecewaan itu diungkapkan juru bicara Dewan Keamanan Nasional (NSC) AS mengatakan kepada Axios pada Sabtu (15/10/2022).

Pada Kamis, ketika Abbas memuji "posisi yang jelas" Rusia tentang penyelesaian damai antara Palestina dan Israel, dia menegaskan kembali dukungannya untuk apa yang disebut Kuartet di Timur Tengah, kerangka kerja mediator yang mencakup Rusia, AS, PBB, dan Uni Eropa.



Namun, Abbas mencatat bahwa Washington tidak bisa menjadi satu-satunya mediator.

“Kami tidak mempercayai Amerika dan Anda tahu posisi kami… dalam situasi apa pun kami tidak dapat menerima bahwa Amerika adalah satu-satunya pihak dalam menyelesaikan masalah,” ujar Abbas kepada Putin di sela-sela Konferensi tentang Tindakan Membangun Interaksi dan Kepercayaan di Asia di Astana, Kazakhstan.

Abbas juga memuji Rusia karena “berdiri dengan keadilan dan hukum internasional.”



Menurut dua sumber Axios, para pejabat di pemerintahan Presiden AS Joe Biden “marah” atas pernyataan Abbas dan menyampaikan sentimen ini kepada para penasihatnya.

Juru bicara NSC mengatakan kepada outlet itu bahwa, “Kami sangat kecewa mendengar pernyataan Presiden Abbas kepada Presiden Putin.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1531 seconds (0.1#10.140)