Apa yang Membuat Senjata Nuklir 'Taktis'? Ini Penjelasannya

Minggu, 16 Oktober 2022 - 14:15 WIB
loading...
Apa yang Membuat Senjata Nuklir Taktis? Ini Penjelasannya
Apa yang membuat senjata nuklir taktis? Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
JAKARTA - Senjata nuklir tiba-tiba mencuri perhatian belakangan ini. Mulai dari kecemasan akan negara-negara Eropa akan ancaman Presiden Rusia Vladimir Putin menggunakan senjata nuklir di Ukraina, hingga Korea Utara yang terus melakukan uji coba rudal berkemampuan senjata pemusnah massal itu.

Pembicaraan, perdebatan hingga pengembangan senjata nuklir saat ini tidak pernah terlihat sejak era Perang Dingin. Padahal, hingga saat ini tidak ada definisi universal tentang senjata macam itu.

Para analis mencatat bahwa penggunaan jenis perangkat senjata nuklir apa pun akan mematahkan “tabu nuklir” yang berlaku sejak Amerika Serikat (AS) menjatuhkan bom atom di Jepang pada tahun 1945, satu-satunya pengerahan senjata itu dalam perang.

Berikut adalah karakteristik senjata nuklir taktis dan mengapa mereka menarik begitu banyak perhatian seperti dilansir dari Reuters, Minggu (16/10/2022).

Apa itu senjata nuklir taktis?

Senjata nuklir taktis sering dicirikan oleh ukurannya, jangkauannya, atau penggunaannya untuk target militer terbatas.

Mereka sering disebut sebagai "senjata non-strategis," berbeda dengan senjata strategis, yang didefinisikan militer AS sebagai senjata yang dirancang untuk menargetkan kemampuan perang musuh dan keinginan untuk berperang, termasuk manufaktur, infrastruktur, transportasi dan sistem komunikasi, serta target lainnya.

Sebaliknya, senjata taktis dirancang untuk mencapai tujuan militer yang lebih terbatas dan langsung yang memenangkan pertempuran.

Istilah ini sering digunakan untuk menggambarkan senjata dengan "hasil" yang lebih rendah, atau jumlah daya yang dilepaskan selama ledakan.

Mereka biasanya berkali-kali lebih besar dari bom konvensional, menyebabkan kejatuhan radioaktif dan efek mematikan lainnya di luar ledakan itu sendiri, dan tidak ada ukuran yang disepakati yang mendefinisikan senjata taktis.

Senjata taktis sering dipasang sebagai rudal, bom yang dijatuhkan dari udara, atau bahkan peluru artileri yang memiliki jangkauan yang relatif pendek, jauh lebih kecil daripada rudal balistik antarbenua (ICBM) yang dirancang untuk menempuh jarak ribuan kilometer dan menyerang target melintasi lautan.

Namun, banyak dari sistem pengiriman ini juga dapat mengirimkan senjata nuklir strategis.



Siapa yang memilikinya?

Banyak kekuatan nuklir dunia memiliki senjata yang dianggap berdaya rendah atau dimaksudkan untuk digunakan di medan perang.

Menurut laporan bulan Maret oleh US Congressional Research Service (CRS), AS memiliki sekitar 230 senjata nuklir non-strategis, termasuk sekitar 100 bom B61 yang dikerahkan dengan pesawat di Eropa.

Pada tahun 2018 pemerintahan Trump mengumumkan rencana untuk hulu ledak hasil rendah baru untuk rudal balistik yang diluncurkan kapal selam (SLBM), dan rudal jelajah berujung nuklir non-strategis.

Rusia memiliki 1.000 hingga 2.000 hulu ledak untuk senjata nuklir non-strategis di gudang senjatanya, kata laporan CRS.

Korea Utara pekan ini mengatakan bahwa serangkaian uji coba misilnya baru-baru ini dirancang untuk mensimulasikan menghujani Korea Selatan dengan senjata nuklir taktis.

Para ahli percaya bahwa jika Korea Utara melanjutkan uji coba nuklir, itu bisa mencakup pengembangan hulu ledak yang lebih kecil yang dimaksudkan untuk digunakan di medan perang.



Apakah mereka akan digunakan?

Presiden Vladimir Putin, yang menguasai kekuatan nuklir terbesar di dunia, telah berulang kali memperingatkan Barat bahwa setiap serangan terhadap Rusia dapat memicu respons nuklir.

Presiden AS Joe Biden pada hari Rabu mengatakan bahwa dia meragukan bahwa Putin akan menggunakan senjata nuklir, dan para analis mengatakan senjata taktis dapat membatasi penggunaan militer di medan perang yang luas dan tersebar di Ukraina.

Sebelumnya Biden mencatat bahwa penggunaan senjata nuklir kecil pun bisa lepas kendali.

“Saya tidak berpikir ada hal seperti kemampuan untuk dengan mudah (menggunakan) senjata nuklir taktis dan tidak berakhir dengan Armageddon,” katanya pekan lalu.

Sementara itu, pencarian senjata oleh Korea Utara, dapat mewakili perubahan berbahaya dalam cara Korea Utara menyebarkan dan berencana menggunakan senjata nuklir, kata para analis.

Hal ini juga telah memicu perdebatan baru di Korea Selatan mengenai pengerahan kembali senjata nuklir taktis Amerika, yang ditarik dari semenanjung itu pada 1990-an, atau mengejar program nuklirnya sendiri.

Korea Utara mengatakan senjata nuklirnya untuk pertahanan diri.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1204 seconds (0.1#10.140)