Ledakan di Tambang Batu Bara Turki Tewaskan 28 Penambang, Puluhan Terjebak

Sabtu, 15 Oktober 2022 - 16:45 WIB
loading...
Ledakan di Tambang Batu Bara Turki Tewaskan 28 Penambang, Puluhan Terjebak
Ledakan di Tambang Batu Bara Turki Tewaskan 28 Penambang, Puluhan Terjebak. FOTO/Anadolu Agency
A A A
ANKARA - Setidaknya 28 penambang tewas pada Jumat (14/10/2022) dalam ledakan di sebuah tambang batu bara di Turki utara, menurut Menteri Kesehatan Turki .

"Jumlah kematian akibat ledakan di Bartin telah mencapai 28 jiwa. Semua yang diperlukan sedang dilakukan untuk 11 pasien kami, 6 di Istanbul dan 5 di Bartn," tulis Fahrettin Koca di Twitter, seperti dikutip dari Anadolu Agency.

Baca: Erdogan Dukung Ide Putin Bangun Pusat Gas Internasional di Turki

Sementara Menteri Energi dan Sumber Daya Alam Turki, Fatih Donmez mengatakan, tim berusaha mengurangi efek kebakaran yang terjadi setelah ledakan tambang. “Sekitar 10-11 pekerja berada di area tempat kebakaran berlanjut. Kami mengevaluasi bahwa 4-5 pekerja berada di area penyok berada," lanjutnya.

Saat ini, 11 dari 58 penambang yang diselamatkan sedang dirawat di rumah sakit. Donmez juga mengatakan, temuan awal menunjukkan ledakan itu disebabkan oleh fireamp, campuran bahan peledak dari gas yang mudah terbakar di tambang.

Puluhan penambang telah terperangkap di bawah tanah sejak sekitar pukul 18:15. waktu setempat (1515GMT), dengan hampir 150 personel terlibat dalam operasi pencarian dan penyelamatan. Gubernur Bartin Nurtac Arslan sebelumnya mengatakan bahwa 12 penambang telah ditarik dari menit dan sedikitnya 49 orang terjebak.

Presiden Erdogan dilaporkan akan melakukan perjalanan ke Amasra pada Sabtu (15/10/2022). “Presiden Recep Tayyip Erdogan sedang memantau situasi dengan cermat,” kata kantor Kepresidenan Turki di Twitter.

Baca: Ribuan Lubang Raksasa Terbentuk dalam Setahun, Turki Terancam Ditelan Bumi

Erdogan membatalkan perjalanan yang direncanakan ke provinsi Diyarbakir timur dan sebaliknya akan melakukan perjalanan Sabtu ke Amasra. Dalam sebuah tweet, Erdogan mengatakan operasi pencarian dan penyelamatan sedang berlangsung “cepat” di tambang tersebut.

Gambar-gambar televisi menunjukkan ratusan orang, beberapa dengan berlinang air mata, berkumpul di sekitar bangunan putih yang rusak di dekat pintu masuk lubang.

Sebelumnya, serikat pekerja pertambangan Maden-Is Turki mengaitkan ledakan itu dengan penumpukan gas metana, tetapi pejabat lain mengatakan terlalu dini untuk menarik kesimpulan tentang penyebab kecelakaan itu.

Dalam bencana tambang terburuk di Turki, total 301 orang tewas pada tahun 2014 dalam kebakaran di dalam tambang batu bara di kota Soma, Turki barat.
(esn)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1559 seconds (10.177#12.26)