Banyak Warga Menolak Vaksinasi, AS Sulit Capai Kekebalan Kelompok

Senin, 06 Juli 2020 - 04:49 WIB
loading...
Banyak Warga Menolak Vaksinasi, AS Sulit Capai Kekebalan Kelompok
Banyak Warga Menolak Vaksinasi, AS Sulit Capai Kekebalan Kelompok
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) tidak mungkin mencapai kekebalan kelompok untuk virus Corona jika terlalu banyak orang menolak untuk divaksinasi. Hal itu disampaikan pakar penyakit menular AS, Anthony Fauci.

Berbagai jajak pendapat telah dilakukan di AS yang menunjukkan bahwa banyak warga AS yang akan menolak untuk divaksin jika sudah tersedia. Pada bulan Mei, satu jajak pendapat yang dilakukan oleh YouGov menemukan bahwa 19 persen akan menolak vaksin, sementara 26 persen tidak yakin apakah mereka akan divaksin.

"Itu adalah salah satu alasan mengapa kita harus memastikan bahwa kita melibatkan masyarakat," kata Fauci dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Al Arabiya.

(Baca: Klaim Terdepan Hadapi Covid-19, Trump: AS akan Miliki Vaksin Sebelum Akhir Tahun )

"Ada perasaan anti-sains anti-vaksin anti-sains yang umum di antara beberapa orang di negara ini, persentase yang sangat besar dari orang-orang yang relatif berbicara," sambungnya.

Jawaban Fauci mengikuti pertanyaan tentang seberapa efektif vaksin potensial. Tidak ada vaksin yang 100 persen efektif dalam mencegah infeksi; CDC, misalnya, memperkirakan bahwa vaksin flu hanya 40-60 persen efektif.

“Yang terbaik yang pernah kami lakukan adalah campak, yang 97-98 persen efektif. Itu akan luar biasa jika kita sampai di sana, saya tidak (berpikir) kita akan melakukannya. Saya akan menerima 70-75 persen vaksin efektif, karena itu akan membawa Anda ke tingkat yang akan menjadi tingkat kekebalan kelompok," ucapnya.

Dia memperingatkan, bagaimanapun, bahwa pada tingkat 70-75 persen, itu hanya akan efektif jika sebagian besar penduduk bersedia untuk divaksin. Tapi, menurut jajak pendapat, hal itu sulit terjadi.

(Baca: Bill Gates Sebut Sosial Media Sebarkan 'Ide Gila' Soal Covid-19 )

Ada banyak alasan orang menolak vaksin, salah satunya adalah karena teori konspirasi sekitar vaksin Covid-19. Salah satu teori tersebut melibatkan pendiri Microsoft Bill Gates, dan berpendapat bahwa ia akan menggunakan pandemi sebagai kesempatan untuk membuat vaksin yang berisi microchip yang mampu melacak seluruh populasi.

Teorinya telah dibantah secara luas, tetapi juga telah mendapatkan daya tarik. "Vaksin sering menjadi sasaran rumor ini, dan desas-desus ini sangat sulit untuk dihilangkan, bahkan dari masa lalu, di mana mereka mengatakan itu terkait dengan autisme, sementara percobaan demi percobaan menunjukkan bahwa itu sama sekali tidak terjadi," kata Gates.

Pada bulan Juni, jajak pendapat Yahoo News/YouGov menemukan 44 persen dari pendukung Partai Republik percaya teori konspirasi. Hanya 26 persen pendukung Partai Republik yang secara akurat mengidentifikasi cerita itu sebagai palsu, sementara 19 persen pendukung Partai Demokrat juga meyakini teori konspirasi.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1417 seconds (0.1#10.140)