Musk Ungkap Alasan Tak Mau Lagi Gratiskan Layanan Starlink untuk Ukraina

Sabtu, 15 Oktober 2022 - 01:01 WIB
loading...
A A A
Beberapa hari kemudian, pasukan Ukraina dilaporkan mulai mengalami masalah dengan akses ke sistem Starlink, dengan Financial Times menggambarkan, "Panggilan panik dari tentara ke saluran bantuan."

Musk mengklaim perusahaannya telah memberikan layanan gratis ke Ukraina hingga USD80 juta.

Pada Kamis, CNN menerbitkan surat, yang dikirim SpaceX ke Pentagon pada September, menuntut agar itu menutupi biaya pengoperasian sistem di Ukraina.

“Perusahaan tidak lagi dalam posisi untuk lebih lanjut menyumbangkan terminal ke Ukraina, atau mendanai terminal yang ada untuk jangka waktu yang tidak terbatas," ungkap dokumen itu seperti dikutip.

Para pendukung Ukraina memuji sistem internet berbasis satelit Musk yang menyediakan komunikasi untuk pemerintah Ukraina.

Rusia dituduh telah mencoba dan gagal untuk menonaktifkan terminal Starlink di Ukraina pada beberapa kesempatan. Klaim itu dibantah Moskow.

Melnik, diplomat top Ukraina yang menjadi pusat kontroversi, memiliki catatan panjang menghina berbagai tokoh publik, termasuk Kanselir Jerman Olaf Scholz.

Selama masa jabatannya di Berlin, dia menyebut pemimpin Jerman itu sebagai "hati yang tersinggung" setelah Scholz mempermasalahkan penolakan Kiev menjadi tuan rumah kunjungan yang diusulkan Presiden Frank-Walter Steinmeier.

Jumat menandai hari terakhir penempatan Melnik di Kedutaan Besar Ukraina di Berlin.

Presiden Ukraina Vladimir Zelensky membebaskan Melnik dari posisinya pada Juli, tetapi butuh berbulan-bulan untuk mengangkat penggantinya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1029 seconds (0.1#10.140)