'Astronaut' Minta Rp463 Juta kepada Wanita Jepang untuk Kembali ke Bumi dan Menikahinya

Rabu, 12 Oktober 2022 - 00:16 WIB
loading...
Astronaut Minta Rp463 Juta kepada Wanita Jepang untuk Kembali ke Bumi dan Menikahinya
Seorang pria berpura-pura sebagai astronaut yang bekerja di Stasiun Luar Angkasa Internasional meminta uang Rp463 juta kepada wanita Jepang yang dirayu. Modusnya, uang itu untuk perjalanan ke Bumi dan menikahinya. Foto/REUTERS/Ilustrasi
A A A
TOKYO - Seorang wanita Jepang telah ditipu sekitar 4,4 juta yen (Rp463 juta) oleh seorang pria yang bepura-pura sebagai astronaut (kosmonaut) Rusia yang bekerja di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Astronaut gadungan itu meminta uang dari wanita berusia 65 tahun itu dengan dalih untuk kembali ke Bumi dan menikahinya.

Wanita tersebut, seorang penduduk Prefektur Shiga, berkenalan dengan astronaut palsu di Instagram pada bulan Juni. Profilnya memiliki foto luar angkasa untuk memberikan kesan bahwa dia bekerja di Stasiun Luar Angkasa, tambah laporan itu.



Menurut laporan TV Asahi, Selasa (11/10/2022), keduanya mulai bertukar pesan dan memindahkan percakapan mereka ke Line, aplikasi perpesanan Jepang.

Segera, si astronaut palsu memberi tahu wanita itu bahwa dia telah jatuh cinta padanya dan bahkan melamarnya.

Pria itu terus mengirim pesan kepadanya, mengatakan bahwa dia mencintainya dan dia ingin memulai hidup baru dengannya di Jepang.

Penipu itu mengatakan kepadanya bahwa dia membutuhkan uang untuk kembali ke Bumi dan menikahinya. Dia juga mengklaim biaya pendaratan harus dibayar untuk roket yang bisa menerbangkannya ke Jepang.

Termakan rayuan, wanita itu jatuh cinta padanya dan mulai mengiriminya uang. Menurut laporan surat kabar Yomiuri Shimbun, dia mentransfer total 4,4 juta yen kepada pria tersebut dalam lima kali transfer antara 19 Agustus hingga 5 September.

Baru setelah pria itu terus menuntut lebih banyak uang, dia menjadi curiga. Dia akhirnya mengajukan pengaduan ke polisi, yang memperlakukan kasus ini sebagai penipuan percintaan internasional.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1856 seconds (0.1#10.140)