Israel Capai Kesepakatan Bersejarah dengan Lebanon

Selasa, 11 Oktober 2022 - 17:07 WIB
loading...
Israel Capai Kesepakatan Bersejarah dengan Lebanon
Israel mengatakan telah mencapai kesepakatan bersejarah dengan Lebanon terkait perbatasan maritim kedua negara. Foto/Al Jazeera
A A A
TEL AVIV - Perdana Menteri Israel mengatakan bahwa negara itu telah mencapai "kesepakatan bersejarah" dengan negara tetangga Lebanon mengenai perbatasan maritim bersama mereka. Kesepakatan ini tercapai setelah negosiasi selama berbulan-bulan yang ditengahi Amerika Serikat (AS).

Yang dipertaruhkan adalah hak atas eksploitasi cadangan gas alam bawah laut di wilayah Mediterania timur yang diklaim oleh kedua negara. Untuk diketahui, kedua negara tidak memiliki hubungan diplomatik.

"(Ini adalah) pencapaian bersejarah yang akan memperkuat keamanan Israel, menyuntikkan miliaran ke dalam ekonomi Israel, dan memastikan stabilitas perbatasan utara kita," kata Perdana Menteri Israel, Yair Lapid, seperti dilansir dari AP, Selasa (11/10/2022).



Perjanjian tersebut diharapkan dapat memungkinkan produksi gas alam tambahan di Mediterania. Lebanon berharap eksplorasi gas akan membantu mengangkat negaranya keluar dari krisis ekonomi spiral.

Draf akhir dari perjanjian itu akan dibawa ke hadapan pemerintah sementara Israel untuk disetujui, hanya beberapa minggu sebelum warga negara itu berjalan ke tempat pemungutan suara untuk kelima kalinya dalam waktu kurang dari empat tahun.

Lebanon dan Israel secara resmi berperang sejak pembentukan negara itu pada tahun 1948 dan kedua negara mengklaim sekitar 860 kilometer persegi Laut Mediterania.



(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1683 seconds (0.1#10.140)