Pertama Kali, Pameran Lukisan Indonesia Digelar di Galeri Nasional Thailand

Sabtu, 08 Oktober 2022 - 02:01 WIB
loading...
A A A
Disampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan bukti kesamaan kepentingan budaya kedua negara.

Sejak terjalinnya hubungan diplomatik Indonesia-Thailand, kedua negara telah mengembangkan kerja sama menjadi comprehensive partnership di semua bidang, khususnya kebudayaan.

Diingatkan kembali dalam perayaan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Thailand tahun 2020, Kementerian Kebudayaan Thailand dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia dan difasilitasi oleh KBRI Bangkok telah berhasil melaksanakan “Two Nations, One Dance; the Virtual Ramayana Joint Performance” secara hybrid di Teater Nasional Thailand meskipun tengah pandemi Covid-19.

Dia meyakini kegiatan pameran lukisan tersebut akan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat kedua negara untuk dapat saling memahami budaya satu sama lainnya.

Selain menghadiri pameran lukisan Bridge of Colors, sembilan pelukis yang hadir di Bangkok juga berkesempatan melakukan workshop dengan Fakultas Seni dan Seni Terapan Universitas Chulalongkorn serta Poh Chang Academy of Arts.

Kedua workshop tersebut mendapatkan sambutan yang hangat tidak hanya dari mahasiswa, tetapi juga para pengajar dan pencinta seni Thailand.

Dalam kesempatan tersebut, Dr Tisna Sanjaya juga melakukan aksi performing arts di depan para pengajar dan pelajar Poh Chang Academy of Arts.

Dengan bertemakan Bridge of Colors, pameran lukisan ini diharapkan dapat menjembatani perbedaan-perbedaan yang ada agar tercipta suatu konfigurasi hubungan antar negara yang harmonis.

Lebih lanjut diharapkan pula pameran ini selain menjadi ajang promosi seni lukisan Indonesia di Thailand, juga dapat menjadi wadah alternatif dialog bagi masyakat Indonesia dan Thailand.

Dengan menghadirkan sebelas pelukis terkemuka Indonesia dalam pameran ini diharapkan dapat juga semakin meningkatkan pemahaman yang baik antar masyarakat kedua negara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1875 seconds (0.1#10.140)