Senjata AS Tak Akan Bisa Lindungi Ukraina dari Serangan Nuklir Rusia

Jum'at, 07 Oktober 2022 - 07:00 WIB
loading...
Senjata AS Tak Akan Bisa Lindungi Ukraina dari Serangan Nuklir Rusia
Para pakar kontrol senjata memperingatkan bahwa persenjataan AS tidak akan bisa melindungi Ukraina dari serangan nuklir Rusia jika benar-benar terjadi. Foto/REUTERS
A A A
KIEV - Para pakar kontrol senjata memperingatkan bahwa persenjataan canggih pasokan Amerika Serikat (AS) tidak akan bisa melindungi Ukraina dari serangan nuklir Rusia jika benar-benar terjadi.

Daryl Kimball, eksekutif Asosiasi Kontrol Senjata (ACS), mengatakan kepada Newsweek bahwa Rusia memiliki sistem jarak pendek yang dapat mengirimkan sebanyak 450 hulu ledak yang dapat diluncurkan dari udara atau darat. Hulu ledak tersebut disimpan di fasilitas penyimpanan pusat di sekitar lima lokasi.

Skenario yang paling mungkin, kata Kimball, akan melibatkan peluncuran rudal jelajah jarak pendek yang sarat dengan hulu ledak nuklir dengan daya ledak mulai dari 1 atau 2 kiloton hingga 10 kiloton.



Sebagai perbandingan, bom yang menghancurkan Hiroshima, Jepang, menjelang akhir Perang Dunia II menghasilkan daya ledak sekitar 15 kiloton dan menyebabkan kematian lebih dari 140.000 orang dalam waktu enam bulan.

"Itu akan menghasilkan ledakan besar yang tidak hanya melibatkan efek ledakan tetapi juga efek panas dan radiasi yang ekstrem," kata Kimball, yang dilansir Jumat (7/10/2022).

"Setiap penggunaan di Ukraina terhadap apa yang disebut sasaran militer atau sasaran sipil akan menyebabkan kerusakan parah. Tentu saja, itu tergantung pada berapa banyak perangkat yang diperintahkan Putin untuk digunakan atau di mana," paparnya.

Kimball mengatakan senjata yang disediakan AS di Ukraina, seperti sistem rudal Stingers, National Advanced Surface-to-Air Missile System (NASAMS), High-Mobility Artillery Rocket System (HIMARS) atau S-300 tidak dapat menembak jatuh hulu ledak nuklir yang diluncurkan.

Tom Karako, senior fellow di Program Keamanan Internasional (ISP) dan direktur Proyek Pertahanan Rudal di Pusat Studi Strategis dan Internasional (CSIS), mengatakan kepada Newsweek bahwa respons real-time akan tergantung pada hulu ledak nuklir yang dikerahkan—bom gravitasi, rudal jelajah, rudal balistik atau sistem pengiriman hipersonik.

"Itu tergantung pada lintasan dan sarana pengiriman tertentu," kata Karako.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1793 seconds (0.1#10.140)