Senjata AS Tak Akan Bisa Lindungi Ukraina dari Serangan Nuklir Rusia

Jum'at, 07 Oktober 2022 - 07:00 WIB
loading...
A A A
Menurutnya, Ukraina memiliki persenjataan cukup terbatas, masih sangat penting bagi senjata pertahanan udara, Stingers dan NASAMS untuk pertahanan udara. MIM-104 Patriot, sistem rudal permukaan-ke-udara yang digunakan oleh AS dan sekutunya, adalah pilihan lain.

Kenyataannya adalah tidak mungkin mempertahankan segalanya, baik dari segi ancaman, sarana pertahanan, maupun sarana suatu wilayah.

“Jika Rusia benar-benar ingin mengirimkan amunisi dengan muatan apa pun, beberapa dari mereka bisa lolos dan beberapa tidak,” kata Karako.

"Penting untuk menekankan keragaman multiplisitas sarana pengiriman....Ini berlaku untuk prinsip pertahanan pasif. Anda tidak bisa menghantam semuanya."

Ian Williams, fellow di Program Keamanan Internasional di CSIS dan wakil direktur Proyek Pertahanan Rudal, sedikit lebih optimistis.

"Ada banyak variabel," kata Williams kepada Newsweek. "Bisakah Ukraina mempertahankan diri? Itu tergantung pada kendaraan apa yang membawa senjata itu. Jika itu adalah pesawat yang membawa bom gravitasi, yang mungkin merupakan mayoritas senjata nuklir Rusia, [Ukraina] kemungkinan bisa menembak jatuh sebuah target."

Menurutnya, senjata nuklir dalam bentuk rudal balistik, sebagai lawan dari rudal jelajah, jauh lebih menantang karena pertahanan yang dimiliki Ukraina. Dia menyebut sistem pertahanan S-300 dan NASAMS tidak terlalu cocok untuk melumpuhkan rudal balistik.

"Anda harus berada di tempat yang tepat pada waktu yang tepat," kata Williams. "Anda mengambil sistem ketinggian tinggi dan area menjadi kecil. Anda cukup banyak harus duduk di atas apa yang Anda pertahankan."

Karako mengatakan perencanaan dan proses memikirkan hal yang tidak terpikirkan adalah hal yang baik, dan bahwa itu adalah fungsi pemaksaan yang baik untuk memahami siapa Presiden Vladimir Putin dan Rusia.

“Ada peran penting untuk sistem udara dan rudal, kegunaan alat pertahanan aktif dan pasif terhadap semua jenis rudal,” kata Karako.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1821 seconds (0.1#10.140)