Profil Uralvagonzavod, Pabrik Tank Terbesar Rusia

Kamis, 06 Oktober 2022 - 17:56 WIB
loading...
Profil Uralvagonzavod, Pabrik Tank Terbesar Rusia
Tank T-90M Proryv akan dikirim ke tentara Rusia dari pabrik pembuatannya. Foto/Uralvagonzavod
A A A
MOSKOW - Uralvagonzavod merupakan pabrik tank Rusia berskala besar yang terletak di Nizhny Tagil. Melansir laman Russia Beyond, pabrik ini mulai dibangun pada tahun 1936 dan selesai ketika masa perang di tahun 1941.

Sudah pasti, pabrik ini menjadi basis produksi kuat milik Uni Soviet, bahkan disebut sebagai jantung industri tank milik Soviet.

Selama masa Perang Dunia II, Uralvagonzavod menjadi produsen tank terbesar, tidak hanya di Soviet, melainkan juga dunia. Salah satu tank unggulan yang diproduksi pabrik ini adalah T-34.

Tentunya, tank ini memiliki keseimbangan daya tembak sangat mumpuni, mobilitas maksimal, dan perlindungan lapis baja.



Usai Perang Dunia II berakhir, Uralvagonzavod melebarkan sayap memproduksi alat lainnya. Sebut saja alat pertanian, penerbangan (termasuk luar angkasa), dan konstruksi.

Di tahun 1960-an serta 1970-an, seorang insinyur Uralvagonzavod mengembangkan kendaraan lapis baja paling besar di era tersebut, yakni T-72.

Sampai hari ini, tank tersebut masih menjadi andalan negara-negara di dunia. Pabrik yang juga dikenal dengan Ural ini terus berinovasi dengan meluncurkan berbagai jenis tank baru.

Pada tahun 2000-an, Ural memproduksi tank T-90 terbaru yang dilengkapi dengan senapan smoothbore 125 mm.

Selain itu, T-90 memiliki kemampuan untuk menembakkan misil jelajah anti-tank, lapis baja reaktif, dan tak ketinggalan senjata elektronik optik super canggih.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1065 seconds (0.1#10.140)