8 Jet Tempur Generasi ke-5 Paling Canggih di Dunia

Sabtu, 04 Juli 2020 - 05:58 WIB
loading...
A A A
3. Chengdu J-20
8 Jet Tempur Generasi ke-5 Paling Canggih di Dunia

Foto/REUTERS

Pembangun jet tempur terbaik China; Chengdu Aerospace Corporation, memperkenalkan J-20 pada 2017. Setelah lebih dari 20 tahun pengembangan, jet tempur siluman generasi kelima ini pertama kali terbang pada 2011.

Ada beberapa perubahan pada desain pesawat setelah penerbangan pertama dilakukan , yaitu new intake, lapisan stealth (siluman) baru dan desain baru dari penstabil vertikal. Terlepas dari beberapa masalah yang muncul setelah produksi, Chengdu J-20 adalah jet tempur generasi kelima pertama di Asia.

4. Shenyang FC-31
8 Jet Tempur Generasi ke-5 Paling Canggih di Dunia

Foto/REUTERS

FC-31 atau J-31 adalah jet tempur generasi kelima kedua yang akan diperkenalkan ke Angkatan Udara China. Meskipun kurang canggih dari mitranya; Chengdu J-20, J-31 masih menjadi jet tempur yang sangat mampu.

Spesifikasi persisnya masih belum jelas bagi siapa pun yang berada di luar militer China. Pakar asing, terutama AS, menunjukkan bahwa FC-31 setara dengan pesawat tempur generasi kelima lainnya. Namun, jet yang lebih baik diputuskan oleh banyak faktor lain. Yakni, kesiapan pilot dan kemampuan radar dan sensor pesawat.

5. Mitsubishi X-2 Shinshin
8 Jet Tempur Generasi ke-5 Paling Canggih di Dunia

Foto/REUTERS

Mitsubishi X-2 Shinshin menjadi contoh unik dalam daftar delapan pesawat jet tempur tercanggih di dunia. Alasannya adalah itu masuk kategori pesawat militer generasi kelima, namun Jepang tidak menjadikannya sebagai jet tempur melainkan sebagai pesawat uji.

Jepang menggunakan X-2 sebagai testbed untuk teknologi jet tempur lainnya. Latar belakang jet ini adalah bahwa Jepang ingin mengganti armada pesawat tempurnya saat ini. Pemerintah Jepang menghubungi Amerika Serikat untuk kemungkinan membeli F-22 Raptor, tetapi Kongres AS menjatuhkan kemungkinan itu demi melindungi rahasia militernya.

Penerbangan Shinshin pertama lepas landas pada tahun 2016 dan setelah tes yang sukses, dan Mitsubishi mulai memproduksi pesawat. X-2 adalah pendahulu F-3, jet tempur yang dirancang menjadi pesawat generasi keenam. Jepang akan memproduksi F-3 mulai 2027.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0774 seconds (0.1#10.140)