8 Jet Tempur Generasi ke-5 Paling Canggih di Dunia

Sabtu, 04 Juli 2020 - 05:58 WIB
loading...
A A A
6. Lockheed Martin F-22 Raptor
8 Jet Tempur Generasi ke-5 Paling Canggih di Dunia

Foto/REUTERS

F-22 Raptor menjadi jet tempur generasi kelima pertama di dunia. Jet tempur siluman ini mulai beroperasi pada tahun 2005. Pemerintah Amerika Serikat menghentikan program produksi dan pengembangan F-22 Raptor pada tahun 2011.

Meskipun merupakan bagian penting dari Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF), meningkatnya biaya pengembangan dan pemeliharaan, serta kurangnya misi udara-ke-udara membuat produksinya diakhiri. Lockheed mengirim F-22 Raptor terakhir ke USAF pada 2012.

Meskipun demikian, F-22 adalah perintis. Ini adalah jet tempur pertama yang menggabungkan supercruise, supermaneuverability, stealth dan sensor fusi.

7. Typhoon Eurofighter
8 Jet Tempur Generasi ke-5 Paling Canggih di Dunia

Foto/REUTERS

Dari semua jet tempur dalam daftar yang diulas SINDOnews.com ini, kisah Typhoon adalah salah satu yang paling menarik. Jet tempur generasi kelima Eropa ini adalah hasil operasi gabungan Airbus, BAE Systems dan Leonardo.

Setelah pengembangan dimulai pada tahun 1983, penerbangan uji resmi pertama lepas landas pada tahun 1994. Typhoon terganggu oleh penundaan. Setelah runtuhnya Tembok Berlin dan perubahan pemerintahan di Jerman, Kanselir Jerman pada waktu itu berjanji untuk membatalkan proyek tersebut. Namun, program ini bertahan dan setelah berbagai penundaan, Jerman mengerahkan Typhoon Eurofighter pertama.

8. JF-17 Thunder
8 Jet Tempur Generasi ke-5 Paling Canggih di Dunia

Foto/National Interest

JF-17 Thunder atau FC-1 Xiaolong adalah pesawat tempur generasi kelima multirole. Dikembangkan oleh operasi bersama antara China dan Pakistan untuk memberikan Angkatan Udara Pakistan (PAF) alternatif jet tempur yang murah dan modern sebagai solusi untuk armada besar berbagai jet tempur, pesawat pembom dan pesawat pencegat yang sebagian besar sudah uzur. Karena itu, JF-17 akan menjadi tulang punggung PAF.

Setelah masa sulit pengujian dan pendesainan ulang, PAF akhirnya menerima jet pertamanya pada tahun 2007. Sejak itu, Angkatan Udara Pakistan sangat bergantung pada JF-17 untuk menyelesaikan berbagai misi di wilayahnya. Pada 2013, PAC Kamra memulai produksi Block 2 JF-17, jet tempur yang diperbarui yang memiliki pengisian bahan bakar dari udara ke udara, avionik yang lebih baik, kapasitas muatan yang lebih baik, tautan data, dan kemampuan peperangan elektronik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1632 seconds (0.1#10.140)