Korut Uji Coba Rudal, Trio Korsel-AS-Jepang Gelar Latihan Anti Kapal Selam

Jum'at, 30 September 2022 - 20:03 WIB
loading...
Korut Uji Coba Rudal, Trio Korsel-AS-Jepang Gelar Latihan Anti Kapal Selam
Korut uji coba rudal, trio Korsel-AS-Jepang gelar latihan anti kapal selam. Foto/AP
A A A
SEOUL - Kapal perang Korea Selatan (Korsel), Amerika Serikat (AS), dan Jepang meluncurkan latihan anti kapal selam trilateral pertama dalam lima tahun terakhir, Jumat (30/9/2022). Ini dilakukan setelah Korea Utara (Korut) melakukan uji coba rudal minggu ini sebagai tanggapan nyata terhadap pelatihan bilateral oleh pasukan Korsel dan AS.

Peluncuran lima rudal Korut baru-baru ini, uji coba pertama dalam sebulan, juga dilakukan sebelum dan sesudah Wakil Presiden AS Kamala Harris mengunjungi Korsel pada hari Kamis kemarin dan menegaskan kembali komitmen AS yang “keras” terhadap keamanan sekutunya di Asia.



"Pelatihan satu hari tiga negara di lepas pantai timur Semenanjung Korea dimaksudkan untuk mengatasi tekanan Korea Utara untuk meningkatkan kemampuannya menembakkan rudal dari kapal selam," menurut pernyataan Angkatan Laut Korsel seperti dilansir dari AP.

Menurut pernyataan itu, latihan itu melibatkan kapal induk bertenaga nuklir USS Ronald Reagan serta kapal perusak AS, Korsel dan Jepang. Sedangkan menurut laporan media, selama pelatihan, kapal angkatan laut dari tiga negara akan mencari dan melacak kapal selam bertenaga nuklir AS yang menyamar sebagai kapal selam Korea Utara sambil bertukar informasi terkait.

“Kami akan menanggapi dan menetralisir segala bentuk provokasi Korea Utara dengan cara yang luar biasa dan tegas,” kata Kapten Cho Chung-ho, komandan pasukan Angkatan Laut Korsel yang ambil bagian dalam pelatihan tersebut, seperti dikutip dalam pernyataan tersebut.

Pelatihan ini dilakukan ketika Korsel dan Jepang sedang berusaha untuk memperbaiki hubungan yang kacau karena sejarah dan perselisihan perdagangan. Kedua negara Asia itu bersama-sama menjadi tuan rumah bagi total 80.000 tentara Amerika.

Awal pekan ini, kapal USS Reagan juga turut ambil bagian dalam latihan bersama AS-Korsel di dekat semenanjung itu, yang merupakan latihan bilateral pertama yang melibatkan kapal induk AS sejak 2017.



Korut telah membangun kapal selam yang lebih besar termasuk yang bertenaga nuklir dan menguji rudal canggih yang dapat ditembakkan dari mereka dalam beberapa tahun terakhir. Itu perkembangan yang mengkhawatirkan bagi para pesaingnya karena lebih sulit untuk mendeteksi rudal yang diluncurkan di bawah air.

Para pejabat Korsel mengatakan akhir pekan lalu bahwa mereka telah mendeteksi tanda-tanda bahwa Korut sedang bersiap untuk melakukan uji tembak rudal dari kapal selam.

Selain rudal yang diluncurkan dari kapal selam, Korut juga memiliki berbagai rudal berkemampuan nuklir yang menempatkan AS dan sekutunya, Korsel dan Jepang, dalam jarak serang. Tahun ini, Korut telah melakukan sejumlah rekor uji coba rudal karena menolak untuk melanjutkan diplomasi nuklir yang telah lama terhenti dengan AS.

Uji coba rudal terbaru Korut terjadi pada hari Kamis kemarin, beberapa jam setelah Harris meninggalkan Korsel. Selama kunjungannya ke Zona Demiliterisasi yang memisahkan kedua Korea, Harris mengatakan: “Di Selatan, kita melihat demokrasi yang berkembang pesat. Di Utara, kita melihat kediktatoran brutal.”

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1190 seconds (0.1#10.140)