Citra Satelit Ungkap Kemungkinan Korut Luncurkan Kapal Selam Baru

Jum'at, 23 September 2022 - 05:16 WIB
loading...
Citra Satelit Ungkap Kemungkinan Korut Luncurkan Kapal Selam Baru
Citra Satelit Ungkap Kemungkinan Korut Luncurkan Kapal Selam Baru. FOTO/Business Insider
A A A
PYONGYANG - Citra satelit baru-baru ini dari galangan kapal selam utama Korea Utara (Korut) menunjukkan kemungkinan persiapan untuk meluncurkan kapal selam baru, menurut laporan pemantau Amerika Serikat (AS), Rabu (21/9/2022).

Citra satelit, yang diambil akhir pekan lalu itu menunjukkan enam tongkang dan kapal lainnya berkumpul di sekitar dermaga peluncuran kapal selam di Galangan Kapal Sinpo Selatan, menurut 38 North.

Baca: Korut Siap Luncurkan Serangan Nuklir Preemptive, Prancis Kesal

"Sementara tongkang dan dok kering kadang-kadang diamati di sekitar dermaga peluncuran kapal selam di aula konstruksi utama, keberadaan enam kapal dan tongkang di daerah ini belum pernah diamati sebelumnya," sebut laporan 38 North, seperti dikutip dari Yonhap.

"Ada juga perlengkapan derek yang jelas pada rel peluncuran dermaga peluncuran yang dapat digunakan untuk memastikan tongkang menarik kapal selam di sepanjang rel," tambah laporan itu. Tongkang itu tidak diamati dalam citra sebelumnya yang diambil pada 12 September.

Laporan tersebut mengikuti serangkaian provokasi rudal oleh Korut yang mencakup dugaan peluncuran rudal balistik kapal selam pada bulan Mei. Sejauh ini, Korut telah menembakkan lebih dari 30 rudal balistik tahun ini, menandai jumlah terbesar rudal balistik yang diluncurkan dalam setahun, menurut pejabat AS.

Baca: Korsel Peringatkan Korut: Gunakan Senjata Nuklir Sama dengan 'Bunuh Diri'

Pemantau AS mengatakan, citra satelit terbaru Sinpo juga memberikan pandangan yang jelas tentang lubang peluncuran rudal dari kapal selam rudal balistik eksperimental Kelas SINPO di sana.

Lubang palka, yang terletak di layar kapal selam, diperkirakan berdiameter 1,8 meter, yang dapat dengan mudah menampung setidaknya tabung peluncuran rudal balistik yang diluncurkan kapal selam Pukguksong-1 atau Pukguksong-3, katanya.
(esn)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1258 seconds (11.252#12.26)